Pages

Thursday, August 30, 2012

Custom ROM Terbaik untuk Galaxy W (I8150) Versi lilololi.com

The best custom rom for galaxy W(I8150)


Wih, uda lama ga posting disini. Meski Samsul ini lagi ribut dengan saingannya si apel tergigit, tapi yang penting HH nyaman dipakai dan cocok untuk penggunanya itu sendiri dan menguasai HH itu sendiri.. Jangan sampai beli HP mahal2 cuman tau chatting, foto2, sama sms.. :D

Well, sekarang gue mau posting tentang custom rom yang gue pakai untuk galaxy W ini. Setelah kurang lebih 2 atau 3 bulan pakai custom ROM ini, menurut gue ini paling klop deh buat penggunaan sehari-hari. Gue sekarang seharian bisa pakai HP tanpa takut baterai habis apalagi hang atau eror, karena semuanya sudah stabil. Itulah sebabnya ane bilang ini best custom rom dan tentunya versi ane...

Overall, post ini mengajarkan cara install custom rom dan mengganti kernel rom. Semuanya mudah selama ada keinginan dan ketulusan.

Caranya gimana tuh? Simpel aja sih, saat ini gue menggunakan custom ROM Black Notes Last Page (bikinan orang Indonesia juga loo, namanya Rio Saputro) dengan kernel CWG (Cowithgun) alias Bionic dari XDA.

(trik ini gue uda edit sedemikian rupa supaya para nubie yg baru berkecimpung di android bisa nyoba juga)

Langsung aja ke tekape:
Program winRAR untuk ekstrak BNH di PC : klik disini
Black Notes Last Page: klik disini, disini, dan  disini (3 part) atau disini(1 link/1 part)
ROM CWG : klik disini, tapi kernelnya aja bisa klik disini

Untuk bahan yang diperlukan:

  1. Tentu download dulu custom rom BNLP (black notes last page). Terdiri dari 2 part, nantinya itu diekstrak aja dan menghasilkan folder clockworkmod.
  2. KERNEL ROM CWG, inget ya, kernelnya aja, ga usah sampai ROM-nya ikut di-download juga. Terus jangan diekstrak, biarin aja bentuk zip.
  3. Rooted or not rooted Galaxy W
  4. Terinstall Clockworkmod Recovery pada Galaxy W atau recovery sebangsanya seperti RZ atau apapun. (recommended sih CWM), tutorial install CWM bisa dilihat disini
  5. Kopi atau teh buat nemenin oprek
Langkah-langkahnya:
  1. Download BNLP part 1, 2, dan 3 melalui PC
  2. Dengan menggunakan winRAR, ekstrak file pertama dari BNLP dari PC (nantinya yang kedua otomatis ke esktrak kok). Kalau ditanya password isi: lilololi.com
  3. Hasil ekstrak BNLP akan berupa folder bernama clockworkmod.
  4. Untuk kernel cwg jangan di ekstrak, biarkan saja .zip.
  5. Lalu hasil ekstrak BNLP (folder clockworkmod) dan kernel cow ditaruh di sd card, ga perlu masukin ke folder apapun, langsung taruh aja. NOTES: kalau sebelumnya pernah backup rom lewat CWM mending dipindah dlu ke komputer/laptop, jangan ditaruh di HP/SD card.
  6. Sebaiknya sd card juga sebelumnya sudah di format sampai bersih ya, jadi nanti copas lagi aja lagu, video, dan data2 penting. Untuk performa yang lebih baik, pilih sd card class 10 (SDHC) dan kapasitasnya cukup tinggi (4 atau 8GB juga cukup) merk ternama sekelas Tr***cend atau T**M atau yg lainya dan lakukan metode swapping memory... Swapping memory apaan gan? Tar dibuatin deh tutornya... yang penting instalasi custom rom dan kernel dulu baru swapping.
    Notes: Kalau ga punya duit dan ga bisa beli sd card yang gue minta, jangan di swap ya... jangan pernah sekali2 swap sd card kalau micro sd lu di bawah class 8.. Berbahaya.. biarkan apa adanya...
  7. Masuk ke CWM (recovery mode: vol. up + menu + power, tahan sampai muncul logo galaxy W, lepas tombol power tapi 2 tombol lainnya tetap ditekan, lihat video di bawah ini) Sebelumnya sori untuk screenshot CWM menggunakan kamera HP, akan sangat senang sekali gue kalau ada yg mau kasih gue kamera yang lebih bagus atau cara untuk screenshot di CWM. Silahkan danai saya... :D Oya, untuk memilih di menu CWM bisa gunakan vol. up atau vol. down. Tombol tengah buat pilih, back ya buat kembali.

  8. Lakukan wipe 4 langkah:
    wipe partition (factory reset) dan
    wipe cache partition,

    ke bagian advanced


    lalu wipe battery stats

    lalu wipe dalvik-cache (di atas wipe battery stats). Lakukan wipe dalvik-cache sebanyak 2 atau 3 kali deh.
  9. Kembali ke menu utama CWM, pilih bagian backup and restore.
  10. Pilih restore from external sdcard.
  11. Pilih satu file yang ada disana, nama file-nya 2011-01-04.15.05.24 (wajarnya ini nama file-nya), terus YES
  12. Ditunggu aja instalasinya
  13. Setelah selesai, ntar masuk ke sistem seperti nyalain biasa, daftarin akun google seperti biasa.
  14. INGAT! Jangan sekali-kali restore dari Titanium Backup dan melakukan Factory reset pada rom ini setelah menginstall ROM ini, dampaknya bisa fatal. Jadi harus dalam keadaan FRESH hp-nya kalau mau ganti ni ROM + kernelnya.
  15. Selesai daftar akun google, bisa dicek dulu deh ke settings - about phone. Uda berubah blom tu rom, harusnya sih uda ada tulisan Black Notes Last Page. Jangan install apa-apa dulu ya.
  16. Kalau uda, tahan tombol power (seperti mau matiin hp) terus pilih Recovery.

  17.  
  18. Nanti dia masuk CWM otomatis deh, terus pilih install zip from sd card

    lalu pilih lagi choose zip from external sdcard.
  19. Locate ke kernel CWG yang uda dipindah tadi ke sd card (cow_kernel.zip), lalu YES



  20. Tunggu sampai selesai, nantinya HH akan restart. Biasanya memang agak lama, tapi kalau di gue sih cepet. Setelah masuk ke sistem, coba deh ke Settings - About phone, dan lihat kernelnya... TA DA... jadilah cow kernel...


Jadi, kenapa sih harus BNH + kernel cow, kenapa kernelnya ga pakai yg BNH aja?
Menurut gue sih boros banget kalau pakai kernel BNH, baterai cuma kuat 4-6 jam aja kalau paket data aktif. Sedangkan CWG sudah terkenal akan keiritan baterainya.
BNH LP merupakan custom rom yg menurut gue si paling stabil, manajemen memori paling bagus (free memory besar terus), HH kenceng, main game HD tanpa lag. Cuma kekurangan dia itu boros.. Itulah sebabnya butuh kernel COW untuk menghemat si baterai.
Sejauh ini gue ga pernah tuh kaya orang autis yang cari-cari colokan listrik kalau lagi pergi keluar. Karena baterai uda awet, data always on, dipakai chatting, agenda, dan sms. Gue jarang gaming sekarang, paling mentok juga mainnya Draw Something. SEANDAINYA baterai nyaris habis karena main game ya tinggal keluarin powerbank (charger portable) terus charge deh.. ga kampungan jadinya.. (Bisa hubungin gue buat beli Eneloop Powerbank 5000mAH, fast response : hellucynation@yahoo.com, : promo dikit la ya : )

Kelebihan BNH LP ini bisa dilihat di 14 toggle di atas.. Tombol buat aktifin/matiin wifi, blutut, dkk, itu bisa digeser ya.. jadi lu bisa bikin getar hp, setting brightness, lockscreen, dkk.. pkoknya lengkap dah...
Ga nyaman dengan font-nya? dimana huruf a dan o itu mirip?
Tenang, tinggal ke settings - display - screen display - font style: ganti ke Helvetica.. atau kalau mau beralay dikit bisa pakai choco cooky.. hehe..
Penggantian wallpaper, clock position, wallpaper lock screen pun dilakukan di menu ini...

Oya, Pada ROM ini terdapat bug yang mungkin ditemui, tapi tenang, ada cara benerinnya kok... gue kutip langsung dari thread XDA ya:

Market cannot download and Google Talk login failed to fix this, go to manage application and do clear data for :
  • Download
  • Google Backup Transport
  • Google Services Framework
  • Google Talk
  • Reboot
 Kalo versi gue:
Google Play gamau donlod dan login google talk gamau, cara benerinnya, ke settings - application - manage applications - set ke all - cari nama2 berikut dan pencet tombol clear data:
  • Download
  • Google Backup Transport
  • Google Services Framework
  • Google Talk
  • Restart deh HP-nya
Kemungkinan eror lain adalah GA BISA INTERNETAN...
Tau ga kenapa? Simpel aja si, karena ini bukan ROM Indo, jadi APN untuk internet musti di setting manual atau ada yg nyaranin coba install APN Assistant, ada di google play (wong gada internet.. gmana donlodnya???)
Jadi saran gue sih mending masuk ke web provider lu (contoh: indosat, telkomsel, dll) terus cari APN settings buat paket yg lagi dipake dan set manual APN-nya..
Untuk setting APN caranya ke Settings - Mobile Networks - Access Point Names - New APN
Contoh punya HP gue karena menggunakan Paket bulanan unlimited Indosat settingannya jadi begini:

Name : indosatgprs
APN : indosatgprs
Proxy : 10.19.19.19
Port : 8080
Username : indosat
Password : indosat

Sisanya biarin aja

Berikut ini gue sertakan link2 buat liat APN masing2 provider, kalau ada yang ga kesebut silahkan GOOGLING sendiri...


Berikutnya, persoalan tentang ga boleh factory reset hanya berlaku untuk factory reset ROM ini, kalau mau install custom rom lain atau stock ROM gpp di factory reset... Intinya kalau bug jangan factory reset.. tapi ulangin step ini dari awal (factory reset terus, wipe2, restore lagi, dsb.)

Terakhir, jangan install RAM manager, V6, thunderbolt atau app untuk percepat RAM/memori ya... suka bikin crash soalnya... mau coba2 silahkan.. DWYOR... Kalau launchernya ga diganti harusnya free RAM selalu di atas 100 kok... Gue ndiri pakainya Launcher bawaan BNH LP (TW Launcher).. kalau diganti ke Go Launcher free RAM-nya lebih kecil...

Untuk swap memory silahkan klik link ini

So, mungkin itu aja sih untuk hari ini, buat yang punya galaxy W, selamat mencoba.. buat yang ga punya, tenang... besok-besok gue bakal posting soal pasar gelap si android dan berlaku buat berbagai macam HH Android.

Oya, untuk kembali ke ROM biasa (stock rom) awal, bisa lihat ke tutor gue disini 

Dan untuk yang mau ROM-nya langsung ke JellyBean bisa langsung mampir ke link ini. ROM tersebut sudah tested dan cukup direkomendasikan oleh gw.

214 comments:

  1. free ram di blacknotes berapa om? daily use

    ReplyDelete
  2. selalu di atas 100 kok.. :D

    ReplyDelete
  3. swapping memory ga jalan om.., sma cmw hrs install lagi...

    ReplyDelete
  4. tanya mas. kalo pake rom cyanogenmod 9 tapi install lagi cuma kernel cow ny gtu aj bisa g y? mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. kernel cow ini support buat rom cyanogenmod g ya?

    ReplyDelete
  6. cobain aja bro...
    kayaknya ga bisa sih.. soalnya CM9 itu ICS... sedangkan kernel ini kan GB...
    Tapi saya sendiri gatau apa kernel itu ngaruh ke OS apa ga.. Makanya coba aja... ntar report disini... :D

    ReplyDelete
  7. gan ane kok download black notes di webnya trus pas ane install bukan yg 2nd gen ya?

    ReplyDelete
  8. gan, ane udah lakuin semua cara diatas dan sukses semua.
    akan tetapi setelah dipake, wifinya bermasalah.
    1. klo pake IP otomatis, selalu IP pada 192.168.0.101,
    padahal gatewaynya 192.168.20.254
    2. klo pake IP statis, dan ane setting sesui dgn manualnya, tidak bisa connect/ disable trus..
    mohon pencerahannya gan?

    ReplyDelete
  9. baseband-nya apa gan?

    kalau di ane itu baseband-nya xxlm8 gada masalah.. mau wifi.. internet, dll...

    ReplyDelete
  10. gan. ane udah berhasil ikutin semua caranya. tapi kok main game ringan aja ngelag ya? apa itu normal? atau ada yang salah?

    ReplyDelete
  11. masalah ane juga sama kyak agan @taibin . WIFI ane jadi gak fungsi gan..

    baseband nya i815odxlm2

    ReplyDelete
  12. baseband ane I8150DXLC1

    ReplyDelete
  13. @nandang
    ga normal.. di saya game sekelas asphalt 5 atau PES 2012 aja lancar..
    kemungkinan salah baseband

    @frandky & taibin
    coba ganti baseband ke xxlm8, baru install ulang lg black notes + kernelnya

    ReplyDelete
  14. saya sudah coba update basebandnya yg terbaru versi indonesia terbitan april 2012 "I8150DXLM2", tetapi masalahnya malah sebaliknya. wifi connect ttapi tidak bisa browsing, padahal settingannya benar semua (IP, Gateway, Netmask, DNS1, DNS2) udah d isi dengan benar). klo otomatis malah disconnected..

    ReplyDelete
  15. Gan, di situs BNLP kan ada link update? Cara installnya gimana? Pake CWM juga? Di ekstrak dulu atau biarin .zip? Thanks in advance...

    ReplyDelete
  16. Gan, cara install/update baseband gimana yah? mau ganti pake yang XXLM8, apa sama kaya install BNLP?

    ane dah pake BNLP + Cow kernel basebandnya DXLM2

    Mohon pencerahannya gan. thanx

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. @taibin
    wah.. bngung ane kl gt.. karna ane smuanya normal gan...

    @reza
    kemungkinan install from zip.. ane ga bisa buka tu halaman... kan masih develop Om Rio-nya

    @edie
    cara installnya musti lewat odin gan... atau download aja kernelnya doang gan... di atas ada link buat donlod kernel prasaan... di dalemnya ada kernel xxlm8 kok.. terus install via CWM, install zip from sdcard

    @yanafif
    BNLP kemungkinan mau di develop lagi... jadi belum bisa didownload.. DAN ane jg ga bisa miror-in, dilarang sama om rio kan.... :D sabar aja tungguin om rio upload versi terbaru

    ReplyDelete
  19. gan anu udah berhasil instal ni ROM sesuai cara diatas , tp kok ada force close terus yah.
    Udah berkali2 juga tetep ada force close.
    kalo punya agan sering force close ga?? atau ada yg salah??

    ReplyDelete
  20. @yanafif
    uda di upload lg tuh BNH

    @yazz
    kaga tuh gan.. sering force close biasanya waktu wipe ga bener

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. gan maksudnya bisa fatal itu apa ya ?

    ReplyDelete
  23. Bro gimana ya kalo udah kepalang factory reset??? :S

    dan Boot Lop :(

    ReplyDelete
  24. Gan...mau tanya nich...

    Ane dah berhasil tu ganti room dan berhasil...

    karna pengen swap memory ane ganti memory ane yang class 10 dari trans*end yang 16 GB
    nah tu HH nongol tanda seru (?) di tanda memory eksternal...
    Ane biarin aja tapi blom ane coba untuk swap karna ngantuk ane tinggal tidur

    eeeee....paginya tu Galaxy W punya ane malah bootlop..

    akhirnya ane coba tuk flash ulang aja lagi tapi tetep g mau...bisa kasih saran g gan?

    ReplyDelete
  25. @hafidz maksudnya fatal itu bisa jadi bootloop atau bricked..

    @daniel benerin dengan cara install lg rom-nya dari awal, jangan lupa sebelomnya di wipe all

    @yanafif itu tanda seru harusnya ga boleh dibiarin... ikutin saran yg ane jawab buat daniel aja

    ReplyDelete
  26. dah g bisa masuk ke recovery gan...

    bootloop terusss...

    Bingung nich gue...mohon wejangan nya gan...

    ReplyDelete
  27. gan, barusan ane liat di webnya bang rio ada update packnya.

    buat apa ya gan
    trus cara makenya gmn....
    thx

    ReplyDelete
  28. gan kalo udah di instal kaya gitu
    terus pengen di standard in lagi bisa gak gan ????

    ReplyDelete
  29. gmn gan cara reset ulang smua kernel dan rom SGW ane...
    (ane pake slimbean rom)

    ReplyDelete
  30. bro HH ane uda kelar instal BNH+cow tp kok baseband versionnya beda ya ga kyk punya agan basebad HH ane I8150DXLM2 ga kyk di SS agan I8150XXLM8

    ReplyDelete
  31. @yanafif
    install stock rom via odin kl gt..

    @fransis
    dibaca aja atau tanya rio-nya, ane cuma ngasi tutor ini aja.. ga lebih ga kurang..

    @yusuf
    bisa

    @aw
    install stock rom dl via odin, jgn lupa wipe all

    @citra
    karena baseband awal ane xxlm8...

    ReplyDelete
  32. gan minta link update packnya dong...yang di web aslinya ga bisa di donlot..lewat box dia

    ReplyDelete
  33. @jack
    sorry... ga bisa.. itu hak paten bang rio... request ke yg bersangkutan aja..

    ReplyDelete
  34. Oom..oom kok skrng galW ane belakangan ini jd suka tiba2 mati ya??apa gara2 ane download n flashing update pack.zip yg ada di web bang rio??ane pikir ntu update packnya ya ane sekalian download aj....thx

    ReplyDelete
  35. @citra
    wah... ndak tau bro... soalnya ane gapake yg bgituan... kan sudah ditulis DWYOR dan lakukan trik sesuai langkah2... :D

    ReplyDelete
  36. gan kok gabisa download last page.rar nya ya :(
    akir"nya muncul tulisan "Sorry, we are unable to scan this file for viruses."
    tapi dibawah nya ada tulisan "The file exceeds the maximum size that we scan. Download anyway"
    sy pencet download anyway tapi ga terjadi apa" :(

    ReplyDelete
  37. @shinichi
    salahkan om rio... gw kan share tutor... dia hak paten rom... jadi ikutin aja bray...

    ReplyDelete
  38. gan pakai rom ini kameranya berfungsi g..trim

    ReplyDelete
  39. @ananda
    tentu berfungsi lah.. kalau ga berfungsi ga jadi custom rom terbaik tentunya...
    ROM ini bisa dikatakan gada bug...

    ReplyDelete
  40. mau nanya bebarapa hal mengenai cusrom ini, mudah2an dijawab
    - apakah ada opsi answering call with home button?
    - apakah bisa melakukan video call/3g?
    - apakah bisa membuat ringtone pribadi untuk Kontak tertentu?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  41. @asdee
    pasti dijawab doong...
    1. ada
    2. yap
    3. yap

    sama2

    ReplyDelete
  42. cara wipe all gmn gan?

    ReplyDelete
  43. gan waktu ane masuk tahap 10-11 yg ngerestore dari sd card itu
    kok ujung ujungnya jd "mismatch"?

    mohon segera dibalas gan

    ReplyDelete
  44. @ryzki
    wipe all kan uda ditulis bray.. di langkah 8 itu wipe all namanya...

    loe milih file-nya bener apa ga? jangan2 hasil download si rom-nya corrupt...

    ReplyDelete
  45. Anonymous13/1/13 19:37

    gan, HH ane pake cusrom, tp ane pengen ngembaliin rom nya kaya rom asli pabrinya. caranya gimana ya gan? mohon bantuannya gan

    HH ane galaxy wonder

    ReplyDelete
  46. @zamzam
    set dah... itu kata2 terakhir dibaca gak bro??

    "untuk kembali ke rom biasa silahkan klik disini"

    disini = http://adf.ly/GvFa1

    ReplyDelete
  47. Anonymous13/1/13 20:11

    sorry gan, kirain itu bukan link :D

    ReplyDelete
  48. @zamzam
    rebes...
    semoga sukses reflash nya

    ReplyDelete
  49. Anonymous13/1/13 23:28

    Siip
    Amin gan :D ane langsung Coba tutornya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous22/1/13 15:27

      Gan, stelah ane pke cusrom ini knp ya ga bisa pake ubersocial? Stiap kali masuk ke ubersocial muncul tulisan not connected, padahal HH ane udah koneksi ke internet. Itu knp ya gan?

      Thx

      Delete
  50. kagak tau gan.. ane gapake uber2an.. uber duit ane adanya..

    ReplyDelete
  51. gan cara update baseband jadi xxlm8 gmaya yahh , saya uda cari di gugle tutornya gak nemu . tlg bantuannya gan , kalok bisa sama tutornya . . . trims

    ReplyDelete
  52. @ardhana
    Pertama, flashing dlu ke xxlm8. tutornya ada dsini:
    http://adf.ly/GvFa1

    Tapi di tutor gue itu dxlm3 ya.. cari aja rom xxlm8-nya, ada caranya jg dikasi... jgn males aja..

    baru install ni rom... ntar baseband-nya jadi xxlm8 (atau dxlm3 kalau pake rom d atas)

    ReplyDelete
  53. gan ane mau tanya setelah install cow kernel zip nya hh nya ga restart otomatis..
    apa emg harus kita reboot system nya..?

    ReplyDelete
  54. Gan kok WIFI ane gk bisa yaa . pdhal hh ane uda persis kyk di ss dlem nyaaa . tlg pencerahanya segera gaan . . .:(

    ReplyDelete
  55. @donni
    reboot system now aja gan..

    @ardhana
    ga bisanya kenapa gan? geje...

    ReplyDelete
  56. Gan mau nanya, setelah install rom ini koq gak bisa pake app instagram ya? katanya gak kompatible..

    ReplyDelete
  57. Gak bisa konek . saya uda pusing gan . . .
    tolong pencerahannya ....

    ReplyDelete
  58. @dieko
    bisa kok di saya...
    coba update instagramnya.. atau coba ke settings-application-all application, cari instagram, force stop - clear cache...

    @ardhana
    yee.. ga bisanya kenapa gan? itu yg jadi pertanyaan ane..

    ReplyDelete
  59. maksudnya gak bisa download dari google playstore gan. Ada tulisan "your device isn't compatible with this version"

    ReplyDelete
  60. @dieko
    woh.. ini penyakit lama... coba cari apk instagram versi lama gan... atau besok ane share deh yg pny ane..

    ReplyDelete
  61. Kagak bisa bwat brosing gann . . .

    ReplyDelete
  62. @ardhana
    itu ga jalan di semua tempat atau cuma di ruma agan?

    ReplyDelete
  63. Di semua tempat e gan ... :(

    ReplyDelete
  64. @ardhana
    coba kirimin screenshot dari about phone agan....
    upload terus kirim link gambarnya dimari..

    ReplyDelete
  65. gan saya coba download terus waktu BNLP di ekstrak kok error mlulu ya?

    itu file kan cuma Last Page. rar kan?emang part 1 dan 2 apa dari link itu juga?

    putus asa nih gw, udah semaleman re-download hasilnya sama error waktu di ekstrak. tolong ya.

    ReplyDelete
  66. @wonder
    iya, harusnya ada 2 part itu gan...
    ntar saya coba tanya bang rio deh soal rom beliau.. boleh dpake kagak yg lamanya...

    ReplyDelete
  67. kalo dua part, part satunya download dari mana gan?

    saya udah coba download dari forum xda tapi masuk di link yang sama dengan yang agan kasih. makasi

    ReplyDelete
  68. @wonder
    iye gan sabar... lg ditanya ke bang rio bole pake yg lama ga...

    soalnya yg skarang update-an bang rio dah gatau sampai mana... ane skarang pakai stock rom.... uda nyaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Gan VANDER ane mau tanya,, ane kan lagi install software ram expander buatan roehsoft,, tapi gagal gan krn ada tulisan artinya kira2 bgini : sorry, your kernel can not support swap memory... Hh ane Samsul Wonder udah di root, tapi masih stock rom dan stock kernel.. Pertanyaan ane, apakah hanya dgn mengubah kernel stock bawaan samsul ane diubah ke kernel COW tanpa ngubah stock ROM bawaan samsul bisa ngakibatin sistem crash ga gan?? Soalnya setau ane kernel cow udah SUPPORT swap memory (RAM).. TOLONG JAWAB YG JELAS YA AGAN YG BAIK HATI DAN TIDAK SOMBONG.. Hehe

    ReplyDelete
  71. @sultan
    ubah kernel ga ngaruh kok ke sistem... cuman beberapa aplikasi kadang ga jalan... (gatau kenapa, jangan tanya ya)
    Untuk ram expander, itu yg plg penting, donlod darimana gan? terus uda dicek belom itu buat versi berapa? jangan2 diperuntukkan buat OS ICS tapi agan pake kernel GB.. sama aja boong kl gt gan...

    ReplyDelete
  72. Begini gan, ane dapet tuh software dari playstore gan, nama nya : ram expander buatan roehsoft.. Ane nilai itu software swapping memori terbaik kan krn nanti agan bakal bisa maen game yg berat berat di samsul wonder agan yg ram nya masih 359 MB.. Itu prinsipnya sama kyk di OS windows xp or 7 yg PAGING MEMORY.. Cuman syaratnya yaitu ROM yg lagi kita gunakan mesti udah support swap memory gan.. Ane pernah tanya ke pembuatnya lgsg via email katanya mesti ubah stock rom yg gag support swap memory ke custom ROM yg udah bisa swap memory... Ini katanya berlaku di semua genre OS gan mulai dari froyo, gingerbread, ICS, dan strusnya.. Coba aja gan nt download ram expandernya, terus support kaga swap memory pake ROM BLNP plus cow kernelnya, kalo support, ane jv mw coba gan. Asli ini softeare sngat berguna untuk meningkatkan kinerja RAM yg pas pas an gan..

    ReplyDelete
  73. @sultan
    Ntu berbayar gan.... ane ga bisa donlod...
    terus ane jg gabisa lewat blackmart karena HH ane saat ini statusnya STOCK ROM + not rooted...

    ReplyDelete
  74. Kata pembuatnya wkt ane kirim email, itu software ram expander bisa ambil jatah memory dari SD Card kita maksimal hingga 4 GB gan, agan bayangin semua game bakal lewat dah jika virtual RAM kita mampu menanggung memori hingga 4GB DENG SYARAT SD CARD KITA UDAH CLASS 10 yg udah cepet transfer memory nya.. Kalo udah berhasil dicoba kabar2i as soon as possible gan, kalo berhasil, ane jg mau cobaganti stock ROM dan stock kernel bawaan samsul ane ke ROM BLNP plus cow kernel plus install software ram expander biar samul wonder ane kagak pernah NGEHANG lg kalo udah dipake ngegame lama atau yg berat berat krn udah ada 4 GB virtual Ram nya.. Hehe

    ReplyDelete
  75. iya gan emang berbayar maklum software bagua sih, Oh gitu, btw knp balik lagi ke Stock ROM gan dari BLNP?? Ada kekurangannya yg paling males diterima apa ya gan??. Ane jd males nyoba ubah stock rom nya jg nih klo gini,,

    ReplyDelete
  76. @sultan
    ribet amat... kenapa ga pake link2sd aja? gratis tu... link2sd kan bisa jadi virtual memory...
    :melongo:
    dan seperti jawaban saya tadi, ga bisa coba... itu berbayar.. ga bisa didownload... kalau mau donate silahkan...

    @sultan ke 2
    panjang bro ceritanya... jadi dulu mau dijual ni wonder.. jadi balik ke stock + unroot... ternyata gajadi jual... ga ada waktu buat root + up ke cusrom.. sibuk kerja bro.. hahhaha...
    selama pake bnlp + CWG kernel ga ada masalah kl saya...

    ReplyDelete
  77. kalo menurut agan, kelemahan custom ROM Bionic Cow V2 dibandingkan BNLP itu apa gan sehingga agan bilang BNLP lah yang terbaik ?? Lalu agan udah coba custom ROM CyanogenMOD blm gan ?? mksh..

    ReplyDelete
  78. @sultan
    kelemahannya di ane suka force close di waktu HH nyala (bionic) dan lemot pastinya kalau maen game... banyak lag... sdangkan di BNH dengan kernel CWG, slain irit ya minim lag...
    CM belom coba karena belom sempurna.. gue hanya akan membahas apa yg sempurna di mata gue.. :D

    ReplyDelete
  79. Oke mantap gan jawabannya,, btw ane kan status HH nya UDAH DI ROOT, tapi masih pake STOCK ROM+ Stock Kernel..Ni mau coba BNLP + COW Kernelnya,, btw sebelumnya kan ane mesti instal ClockworkMOD (CWM) nya via ODIN, btw nanti setelah ane install CWM sesuai dgn tutorial agan sebelumnya,, nanti setelah ane udah berhasil install CWM nya,, status HH ane masih ROOT atau udah hilang gan ROOT nya ?? Terus nanti pas ane install CustROM BNLP,, Root nya hilang ga gan krn KAN ADA WIPE-ALL pas install BNLP ?? Mksud ane setelah ANE BERHASIL INSTALL BNLP ,, HH ane mesti di ROOT lagi atau gag perlu ?? Bls ya gan..tengkyu

    ReplyDelete
  80. @sultan
    install CWM ga bkin unroot kok.. tetep root...
    Sedangkan untuk CusRom itu sendiri UDA PASTI root gan, ane ga pernah nemu cusrom belom termasuk root di dalamnya.. jadi ga perlu khawatir.. tetep rooted phone... Pkoknya ketika install BNH dy uda otomatis root dan kalau ga salah uda include Bravia Engine untuk kualitas gambar..

    ReplyDelete
  81. bang, klo gw udh trlanjur instal app bwt mmpercepat ram gmn? ada solusi nya ga bang??
    masih bisa dlanjutin gan oprek ny?

    ReplyDelete
  82. @wisnu
    dalam tutor ane..
    itu
    sudah disebut
    WIPE ALL
    artinya...
    aplikasi apapun yg loe install...
    semuanya nanti bersih lagi dari awal....
    jadi lanjutin aja... tar juga ilang tu app

    done..

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. gan, napa pas bagian restore from external sdcard kagak ad data kbaca yaw????
    advice please.....

    ReplyDelete
  85. ah sialan ni abang, wipe all ny ampe k kontak2 gw abis,,,azzzz pusing

    ReplyDelete
  86. @wisnu
    ane ga sialan gan... kan uda ditulis DWYOR....
    lagian logikanya bersih ke awal ya jelas ilang smua gan...
    maksudnya ada data ga kbaca gmn gan?

    ReplyDelete
  87. misi gan mau nanya, ane udah ngikutin tutor dr awal sampe akhir. tp kok hh ane ada kendala ya? kalo udah lama on suka lag gitu, suka tiba2 beraat banget. jd sama ane suka cabut pasang batre. knapa ya gan? terus instagramnya kok "isnt compitable with this version" ? maaf gan ane nubi

    ReplyDelete
  88. @ali
    soal instagram itu coba update aja.. atau pakai versi lama malah..
    Untuk lag mungkin banyak app yg berjalan pada HH agan.. seperti socmed, IM, email, theme, widget, dsb..
    Yg perlu diinget dari kernel CWG/bionic adalah dia kurang bagus untuk hal gaming/install banyak app berjalan.. kecuali diakain dengan trik AMO..

    ReplyDelete
  89. mau nanya ni gan ,, ane udah pake ini costum rom ,, udah ane swap juga , tapi masalah yang suka ada HP ane suka restrart sendiri terus kadang memori ane gak ke-detected (USB is not connected) sama sering failed di akun google ane gan, kira2 gimana ya fix-in nya , ane pake memori V-G*N 8GB class standar, base band ane I8150DXLC1 .. makasih gan ..

    ReplyDelete
  90. @joseph
    8GB class standar dipake swap ga salah gan??? dijamin problem lah....
    kalau ente swap dai tutor ane disini:
    http://adf.ly/GvFhG
    coba diliat deh minimal class brapa buat swap dan resikonya apa kalau di bawah class yg ane sebutin...
    kalau akun google, masuk ke settings - application - all, cari yg semuanya google, itu di force stop, clear data, clear cache, coba masuk lagi...

    ReplyDelete
  91. jadi sebelom nya ga masalah gan ane pake memory standar pas itu HH ane di root sama di swap ,,,
    baru kemaren ane pakein CusRom BNH baru dah suka eror ..
    kira2 kenapa ya gan?
    Apa ane harus ganti Baseband gan?

    Makasi ya gan ..

    ReplyDelete
  92. @joseph
    ga perlu.. cukup ganti ke class lebih tinggi aja.. terlalu nekad di swap tapi class standar..

    ReplyDelete
  93. ohh begitu ya gan? oke deh gan ,, makasih saran nya

    ReplyDelete
  94. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  95. Anonymous9/3/13 16:09

    gan,, ane mw nanya,, kan ane uda brhsil instal black noteny di HH ane,, tpi kok twlauncher ane sring error ya gan? mhon pencerahannya...

    ReplyDelete
  96. @bob
    TW Launcher coba di force stop, clear data dan clear cache.. kalau masih tetep, brati flashing ada yg ga bener..

    ReplyDelete
  97. gan... install ane sukses semua mulai dri :
    1. rooted
    2. custom rom
    3. swapping memory

    tapi trkadang muncul pesan :
    maaf provider terpaksa ditutup, terkadang pesan maaf aplikasi terpaksa ditutup. kira2 kenapa ya gan . . mohon penjelasan.

    trus mau tnya gan : knpa klo swapping memory hrus di custom ROM dlu??

    apa gak bisa setelah nge root langsung di swapping memory??

    thanks. artikelnya sangat bagus sekali... LIKE THIS .

    ReplyDelete
  98. @lovers
    bisa kasih gambar screenshot itu eror ga? kalau bisa sih bahasa inggris..
    Swap ga harus cusrom... yg bilang gt siapa ya?

    ReplyDelete
  99. ok gan ntr tak kirm screen shot nya . . .
    klo error lagi, cz udh dua kali error.

    gan pernah cba upgrade galaxy wonder ke ICS ato Gelly bean gak???
    klo pernah share tutornya gan, thx .

    ReplyDelete
  100. @lover
    sama aja kok cara upgrade ke ICS sama JB kaya cara di atas.. toh cusrom juga..
    cuma masih ada beberapa minor bug (bisa ditoleransi) tapi justru minor bug itu yg ane kadang butuhin... tungguin aja sampe sempurna dl gan..

    ReplyDelete
  101. wokkeh gan . . i like it your artikel . . .is very very good . .thankz.

    ReplyDelete
  102. ni gan screen shot nya...kira2 settingan apanya ini gan??? klo udah seperti ni, HP gak bisa di apa2in, hrus mnta restart. mhon penjlasan. thanks sbelumnya gan. screenshot lihat link bawah ini gan.

    http://www.4shared.com/photo/9-HdrBpb/IMG_4465.html?

    ReplyDelete
  103. @lover
    keliatannya dari logs provider...
    coba cari di bagian app aja gan log-nya (com.sec.android.providers)... itu di force stop.. clear data clear cache..
    terus cari juga Google Services Framework
    lakukan hal yg sama...
    restart hp

    klo masi sama brati flash ulang.. agan antara salah wipe atau salah install...

    ReplyDelete
  104. okeh gan . .ane cba dulu . . klo msih tetep ane cba flash ulang pke custom rom terbaru yg agan share bulan januari dah . .

    ReplyDelete
  105. @lover
    bulan januari? ane gada share cusrom tu... adanya jg flashing stock rom...

    ReplyDelete
  106. gan cara ngilangin Cow_Kernelnya gimana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kamal
      tinggal install kernel yg dipengenin aja kok.. dengan cara yg sama..
      misal pengen kernel dxlm2 ya tinggal cari kernelnya terus install via cwm kaya di tutor ini

      Delete
  107. gan ane udah cusrom ini.
    tp kok sering banget pemberitahuan gini.

    the apllication LogsProvider(process com.sec.android.provider.logsprovider)
    has stopped unexpectedly. please try again
    ini ga bisa kalo cuman di tekan tombol force close, mesti di restart hh nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @prayogi
      solusinya ada di atas padahal

      coba cari di bagian app aja gan log-nya (com.sec.android.providers)... itu di force stop.. clear data clear cache..
      terus cari juga Google Services Framework
      lakukan hal yg sama...
      restart hp

      klo masi sama brati flash ulang.. agan antara salah wipe atau salah install...

      Delete
    2. udah gan tapi tetep masalah kayak gitu.
      apa karna udah update lg gan? soalnya di link yg agan kasih disini itu pas ane buka download cuman ada 1 zip. nama zipnya "LAST PAGE", tapi kalo di ekstrak cuma 1 folder.

      Delete
    3. @prayogi
      keknya begitu... ntar ane coba upload yg lama deh...

      Delete
  108. gan,ane uda brhasil instal ini..tpi ko uda dganti k bhasa,tpi tetep aja english..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahe
      coba restart dl aja... baru ganti bahasa.. ane ndiri gatau kalo soal bahasa.. soalnya selalu b.ing

      Delete
  109. gan ada theme recomend bt cusrom ini ga?bgi linkny donk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ahe
      ga ada tu.. ane bawaan.. cuma ganti wallpaper doang..
      jgn install theme aneh2.. takutnya berat.. ntar malah lemot

      Delete
  110. oiya gan kalo flash ulang berarti harus ke restock ROM lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @prayogi
      iya.. namanya jg flashing ulang..

      Delete
  111. gan tolong saya,slepas saya cuba costum ini,hp sya slalu force close dn google play enggak mau donwload.gi mana sih caranya..?tolongin saya gan.no hp sya pn bertukar jd 1111111111.thanks ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ibnu
      flashing dl aja ke stock rom..
      uda gt coba lg.. keknya ente ga bener wipe-na

      Delete
  112. Saran nih buat yg sering force close, mungkin dari Kernel Cowithgunnya yg bermasalah, soalnya tiap pke stock rom dan cusrom ini klo psang kernel cowithgun slalu spam Force close. tpi giliran gk dipsang kernel nya, kernel bawaan stock rom atw cusrom ini stabil2 aj (tapi gk bisa swap ama jalanin GameCih). klo mo ganti kernel coba pke ini kernel [3.0.66]Yoon.Kernel-Chronos, bisa swap juga kernel ini. smpe skrng dah 3 hari HH ane dah gk ad spam force close, ktimbang pake kernel cowithgun, HH dtnggl tdur smalam atau idle tiba2 mncul spam force close... maaf klo lama memberitahu abis experimen soalnya :p
    -works for me, yg gk berhasil gk boleh ngedumel-

    ReplyDelete
    Replies
    1. @madhan
      1. Swap semua rom bisa kok bro selama root.. ga harus cwg
      2. kernel Yoon itu irit ga? soalnya yg lg dibahas di sini mulus + irit sebuah rom
      thanks buat masukannya nih

      Delete
    2. ane bole coba ga kernel yang ini? punya link untuk downloadnya? takut salah download ane...

      Delete
    3. @benny
      http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2053266

      Delete
  113. Gan, caranya sama aja khan kyk install kernel cwg? Ato harus ada langkah2 sebelumnya dulu? Mohon petuahnya dari Eyang Vander :D

    ReplyDelete
  114. Gan, ane udah cb instal cusrom+kernel ini dengan lancar. tp msh ad sedikit masalah nih.. ane msh ga bisa download walau dari wifi sedangkan browsing via wifi nya lancar jaya. tulisannya download unsuccessfull. pdhl ane udah ikutin langkah" dari agan. gmn solusinya gan? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @manggala
      bingung... ane normal sih...
      itu download apaan gan? dan darimana? kalau download dari tempat lain gmn? misalnya menggunakan aplikasi mediafire terus download file punya agan..
      atau coba install aplikasi 4shared, cari lagu, download..

      Delete
  115. Anonymous9/4/13 16:50

    min mau nny nih,...
    gw udh pasang nih cusROM di galaW gw...tp kok buat maen temple run brave aja nge lag banget yah??
    trus klu buka apps kaya instagram suka tiba2 nge lag trus hp nge hang dan kudu restart,kenapa ya itu??atau emang apps2 kaya instagram path foursquare dll ga cocok buat nih cusROM???
    mohon pencerahannya ya min...thank you sebelumnya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kimul
      temple run memang agak lag... gatau kenapa ane jg...
      instagram normal... semua app social normal kok... coba di clear cache dl... oya, ente di swap ga?

      Delete
    2. Anonymous11/4/13 11:19

      pertamanya sempet di swap...
      tp suka ngehang2 gitu...akhirnya flashing ulang deh rom nya....
      tp skrg malah bingung kok phone storage nya kepakenya gede banget ampe 500MB an,pdhl apps nya baru dikit banget...

      Delete
    3. @kimul
      waktu flashing ga di wipe bener itu.. makanya spacenya masih kepake...

      Delete
    4. Anonymous11/4/13 11:42

      oh gitu toh..oke deh thank you gan pencerahannya!!!

      Delete
  116. Gan, setelah sekian lama baik2 saja, kok skrg sring force close gtu ya? sama kalau baru ngidupin hape isi system storage not enough gtu... mohon petuahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @benny
      yg force close app apa gan?
      ente di swap ap ga?

      Delete
  117. semua aplikasi force close gitu gan, jadi harus matiin hh dlu.. ane sempet swap, tapi unswap lagi, soalnya kdg2 memory ga kebaca gitu sih.. kmrn pdhal udh pke scandisk 16gb class 10..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @benny
      wah.. itu kayanya gara2 unswap itu... hmm... ane belom pernah unswap (kecuali format ulang) jadi saat ini belom bisa bantu kasi solusi slain flashing ulang..

      Delete
  118. Halo gan nanya dong,
    Sy mau coba ini tutor, apa bahan2 yg di kasih linknya masih bner? Takut salah donlod euy,

    Thanks, nice article

    ReplyDelete
  119. Anonymous16/4/13 03:42

    gan link BNLP yang pertama gak bisa didownload. ada link lain gak. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @pelo
      thx buat info... lg reupload... dipantau terus ya

      Delete
  120. gan ..link kernel cwg nya dh g bsa gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wisnu
      masi bisa.. coba baca tutor donlod di web ini..

      Delete
  121. Anonymous19/4/13 15:23

    eh gan ane mau nny lg...
    setelah baca komen2 di atas,cara paling tepat buat ngatasin memory card yg suka unmount sendiri tuh mesti flashing ulang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kimul
      yup.. tp harusnya malah ga ada kasus kaya gt..

      Delete
    2. Anonymous20/4/13 11:44

      wew
      sama pertanyaan terakhir nih,cara ngehapus apps bawaan rom nya gmn sih??
      males pake go power master soalnya

      Delete
    3. @kimul
      pake titanium backup bro...
      caranya.....

      hmm.. ane belom bkin tutornya... tp gampang kok kalo bisa ngira2 nya..

      Delete
    4. Anonymous20/4/13 12:04

      klu pke root explorer bisa?

      Delete
    5. @kimul
      nda bisa gan... alias gatau caranya kl via rootex

      Delete
  122. gan, ane dah sruput part1 sampe part3 nya, tp wktu di ekstrak n diisi passw sesuai yg di atas koq banyak corrupt ya filenya ?? dr keterangannya seh salah password, apa emg udah dganti ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @laksonn
      passwordnya lilololi.com gan.. ga diganti..

      Delete
    2. sudah reupload single link... coba yg itu

      Delete
  123. Mas prolem ane pas mau ngistall sama kyk mas Laksonn

    CRC failed in the ..., Corrupt file or wrong pasword

    Mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
  124. Gan maap mau ngerepotin lagi ni , :D
    kan ane udah pake BNH gan, udah di SWAP juga terus ane mau balikin ke setingan awal gan (rom bawaan), itu cara nya gimana ya gan? kalo ane balikin ke rom awal root nya ilang? terus SWAP nya juga ilang? makasih gan .. mohon pencerahannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @joseph
      cara balikin ke awal kan ada tu di paling bawah link nya... :hammer:
      Kalau install ulang itu otomatis ke unroot, swap ilang.. murni fresh.. selama wipe nya bener...

      Delete
  125. biasanya kalo hape gak diapa-apain bisa awet berapa jam? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fathur
      kl dari pengalaman ane stock rom skitar 12 jam internet aktif terus
      sedangkan pakai rom yg ini bisa 20-24 jam lah kira2 internet aktif terus..

      Delete
  126. Kok ada go master sama juice defender gunaya apa ?:o

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fathur
      go master : untuk liat status baterai dkk.
      Juice defender : pengirit baterai

      kalau dirasa ga perlu boleh diuninstall kok..

      Delete
    2. Caranya gimana? Di downloaded kagak ada.

      Delete
    3. @fathur
      oh, itu lewat TB gan... titanium backup... caranya kalau gatau coba google dl aja gan.. ane belom sempet bikin tutornya

      Delete
    4. oya bang, gps saya kok gak pas lokasinya? kenapa itu?

      Delete
    5. @fathur
      wa.. nda tau ane... gps ane normal2 aja... sinyal satelitnya mungkin leled?

      Delete
  127. gan, ane flashing cusrom BNLP + cow kernel yang di pejwan setelah beberapa hari HH ane sering restart sendiri.
    dan puncaknya tadi siang HH ane mati total.
    kira2 apa ada solusi untuk masalah ane gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @radit
      wipe ga bener...
      coba wipe ulang gan... full wipe ya..
      kl mau coba baseband nya diganti dl ke xxlm8 baru install ni cusrom

      Delete
  128. Maksudnya full wipe? Sama cara basebandnya gimana?minta nomer ente aja gan. banyak yang masih ane tanyain

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fathur
      di atas ada kan tutor full wipe..
      terus cara ganti baseband coba cek cara flashing gal W di tutor ane yg laen

      Delete
  129. kalo di wipe apa nanti bakalan install ulang lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang install ulang... kan selesai wipe, flashing dl basebandnya

      Delete
  130. caranya gimana flashing baseband dan cara ngeceknya di hape?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fathur
      settings - about phone
      ada tu baseband..

      cara flashing ada di blog ini juga. search aja flashing

      Delete
  131. gan kalo baseband nya diganti berati harus nge root lagi ya?

    ReplyDelete
  132. gan ane minta link download baseband doong
    sama ukuran baseband itu berapa sih?

    ReplyDelete
  133. gan cara nyeting apn nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah ada di atas.. coba dibaca lg baek2 ampe beres...

      Delete
  134. sip gan makasih, udah sukses suma nihh. ohh iya itu kernel cwg nya bisa dipake di cosroom jb gk?

    ReplyDelete
  135. gan, yang single link itu emang file-nya cuma satu aja ya? nama file-nya E032FFF5A3898199 gitu, bener ya? trus cara install sama kayak biasanya?

    ReplyDelete
  136. gan ane pke stock rom bawaan pke kernel CWG bsa ga ya .. ??

    ReplyDelete
  137. misi gan,,ane berminat coba ni cusrom setelah baca post agan yg sangat membantu ini. tapi sebelumnya ada beberapa pertanyaan yg mau ane tanyain, soalnya ane blon nemuin jawabannya dari post agan..mohon dijawab gan..

    1. di bahan yang diperlukan no.3 dituliskan 'Rooted or Not Rooted Galaxy W'. Menyamakan persepsi aja, berarti non Rooted GalW bisa langsung 'diinstal' cusrom BNH LP ini tanpa harus melalui proses root dulu?

    2. pada langkah no.14 disebutkan 'Jangan sekali-sekali restore dari Titanium Backup (setelah menginstal rom ini)'. Ini berlaku cuma buat app,data, atau dua-duanya gan? trus gimana cara backup kontak dan data2 penting lain setelah instal ROM ini kalo ga boleh restore data dari TB?

    Mohon pencerahannya gan..
    Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @unk
      1. Yup, karena ga berpengaruh.. lagipula waktu selesai install ini rom uda otomatis ke root lg..
      2. Keduanya gan.. app+data dari TB.
      Backup kontak itu bukan dari TB lo, tapi manual ada di bagian contact.. nanti hasilnya berupa csv. Sedangkan data lainnya simpan di sd card aja..

      Delete
  138. ok masbro..
    thanx in andvance..

    ReplyDelete
  139. pengen yg jeelybean om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @guz
      sampe skarang cusrom JB itu masi ada minor bug.. gw gamau share rom yg belom stabil..

      Delete
  140. gan, kenapa ya kalo baterai ane lepas. pas ane coba sms kok gak keluar ya gan popup sms nya? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fathur
      ga ngerti gan.. kalo baterai dilepas gimana caranya tu hp bisa hidup??

      Delete
    2. sms di notif ada tapi pas di message kagak ada gan -_-

      Delete
    3. pas ada sms di notif ada tapi di message gak ada gan. gimana ini?

      Delete
  141. maksudnya ane masukin lagi, terus nyalain. pas ada sms di notif ada tapi pas bukak message smsnya kagak ada. terus pas ane coba yang sms, sms ane kagak muncul popupnya gan. gimana ini? -_-

    ReplyDelete
  142. ya pas ada sms gitu di notif ada tapi pas bukak message kagak keluar gan. terus aku coba yang sms malah gak muncul popup smsnya gan. gimana ini? -_-

    ReplyDelete