Pages

Saturday, January 5, 2013

Cara Install Ulang (Flashing) atau Upgrade Stock ROM Galaxy W (GT-I8150)

Cara Install Ulang / Upgrade OS Galaxy W via Odin


Banyaknya masalah yang dihadapi pengguna galaxy W saat ini menurut gue uda cukup banyak ya... mulai dari kamera force close, kamera failed, atau dianggap lagi dipakai, sampai ke app yg ga jalan. Biasanya hal ini terjadi karena OS dari galW itu sendiri, kadang masih OS lama atau OS yg tidak stabil (ababil).
Kali ini gue mau share cara install OS galaxy W menurut cara gue. Cara ini juga sama dengan cara upgrade OS, jadi mau upgrade atau install ulang OS itu sama aja caranya kaya gini. ROM yang akan jadi objek gue adalah ROM Indonesia (DXLM3, update terakhir ROM bulan Desember 2012).

Tahap instalasi ROM ini ada beberapa tahap yaitu:
  1. Wipe data
  2. Factory format
  3. Install new OS
Pada tahap Wipe data pun ada 2 cara yaitu:
  1. Melalui Recovery bawaan
  2. Melalui Clockworkmod Recovery (CWM)
So, kita mulai aja lah yah... Mulai dari mendownload bahan-bahannya dulu:
  1. ROM terbaru (saat blog ini ditulis, ROM terbaru region Asia / Indonesia adalah DXLM3)  kalau butuh ROM lain, bisa mampir ke www.samfirmware.com lalu search dengan nama model GT-I8150. Kalau mau download disana harus register dulu jadi member, baru bisa download. Atau boleh juga ke link ini untuk ROM Serbia XXLM8 (Bahasa Indonesia tidak ada, pakai English), klik disini. Bedanya ROM Europe lebih stabil dibanding Asia, jadi direkomendasikan yang ini, tapi kekurangannya ya itu, gada bahasa Indonesia
  2. Odin, untuk install ROM 
  3. Ancora.ops, untuk pendukung install ROM via odin. (INGAT: Harus .ops, jangan sampai .txt)
  4. Samsung USB Driver, agar galW kita terdeteksi odin. 
  5. Aplikasi WinRar untuk ekstrak file yg dibutuhkan.
  6. Secangkir kopi/teh seperti biasa biar rileks....
Oke, langkah pertama adalah download semua bahan tentunya, tapi kalau uda punya ya ga usah download. Aplikasi yang perlu diinstal dari bahan download adalah: usb driver dan aplikasi winrar, sisanya portable alias ga perlu diinstall.


Langkah awal install NEW OS secara fresh adalah kita harus WIPE dulu OS lama kita. Wipe ini mengartikan membersihkan secara total sistem OS dari OS lama kita. Cara ini tentu melalui recovery mode. Recovery mode pada galW sendiri sudah ada, tapi disarankan menggunakan Clockworkmod Recovery (CWM). Cara install CWM gimana? Bisa coba ke postingan gue disini


Cara Pertama gue jelasin menggunakan recovery bawaan (bukan CWM) dulu ya:

1. Matikan HP
2. Masuk recovery Mode dengan cara tekan tombol Volume Up + Menu + Power, atau bisa dilihat dari video ini:

 
 
3. Menunya akan berbeda dengan yang ada di video karena di video menggunakan CWM, tapi ga beda jauh kok, nanti menunya jadi seperti ini:


Bisa dilihat dari gambar di kanan, ada 2 pilihan namanya Wipe data/factory reset dan wipe cache partition.
Untuk memilih menu ke atas dan ke bawah, gunakan tombol volume, dan untuk memilih menu gunakan tombol home. Berikutnya, pilih menu wipe data/factory reset. Nanti akan ada serangkaian proses berjalan, biarkan saja sampai selesai. Jika sudah selesai, nanti akan kembali ke menu ini. Berikutnya pilih wipe cache partition. Sekali lagi, tunggu sampai selesai. Kalau sudah, sekali lagi (supaya yakin) wipe data/factory reset lagi. Tunggu sampai selesai. Kalau sudah, pilih aja reboot system now, nantinya akan restart otomatis. Kalau uda masuk ke sistem, masuk ke Settings - Applications - Development, lalu bagian USB debugging tolong dicentang. Kalau sudah, matikan HP.


Cara kedua adalah jika loe uda punya CWM (Clockworkmod Recovery), maka:

HP dalam keadaan mati, masuk CWM dengan cara tekan tombol Volume Up + Menu + Power atau lihat video di atas. Nantinya akan ada menu seperti ini:



Untuk memilih menu, gunakan tombol Volume Up / Down. Untuk menekan menu, ya tekan tombol menu. Lalu pilih Wipe Data/factory reset, tunggu sampai selesai, lalu pilih wipe cache partition, tunggu sampai selesai, lalu ke advanced:


Pilih wipe dalvik cache, tunggu sampai selesai, lalu wipe battery stats, tunggu sampai selesai, lalu wipe dalvik cache kembali (supaya yakin aja). Kalau uda back to main menu dengan cara tekan tombol back, lalu pilih reboot system now.


setelah langkah wipe via recovery (salah satu), mari menuju komputer/laptop lalu extract file ROM yang sudah didownload dengan cara locate file ROM lalu klik kanan dan pilih extract here



Kalau sudah, nantinya akan menghasilkan 2 buah file, tapi yang akan kita pakai nanti cuma file yang dilingkarin, yg satu lg ga kepakai. Tapi biarkan saja, jangan dihapus.



Sekarang, buka file Odin yang tadi di download,



Matikan HP lalu masuk Download Mode dari HP kita dengan cara, tekan tombol Volume Down + Menu + Power, tahan terus sampai muncul seperti gambar di kiri bawah ini:




lalu tekan volume up (continue)

Nantinya ada robot ijo dan tulisan downloading.

Dari sini, sekarang tinggal colok HP kita ke komputer/laptop menggunakan kabel data bawaan. Kalau normal, harusnya di Odin langsung terdeteksi HP kita (warna kuning).




Kalau nomor COM berbeda dengan gambar, gpp, yang penting terdeteksi.
Kalau sudah, pada aplikasi odin, centang bagian One package, auto reboot, dan protect ops.
Langkah berikutnya, Pada bagian SELECT OPS, tekan tombol OPS lalu locate file Ancora.ops yang tadi kita download. Bila sudah, lanjutkan dengan menekan tombol ONE PACKAGE pada Odin, lalu pilih file hasil ekstrak dari ROM hasil donlod tadi (yg gue lingkarin merah).
Kalau sudah benar, mari tekan tombol START.

PERHATIAN : Tunggu sampai benar-benar selesai langkah-langkahnya, sampai tulisan kuning tadi berubah jadi biru bertuliskan PASSED. Proses ini kadang lama kadang sebentar, di gue sendiri makan waktu sekitar 5-10 menit. Tapi ada juga yang pernah cerita ampe 20-30 menit, komputernya leled kayaknya. Tapi kalau lewat dari 30 menit masih belom selesai, coba cek port USB pc/laptop lu, pastikan tidak memakai USB HUB atau lainnya. Coba juga pindah port USB.

Kalau uda selesai/Passed, nanti HP akan restart otomatis. Waktu di logo samsung terkadang loading untuk masuk ke sistem cukup lama, hal ini karena sistem melakukan load OS baru. Biarkan saja sampai masuk ke sistem dengan baik. Tapi kalau dirasa terlalu lama (misal ditunggu 30-60 menit ga masuk2 ke OS) masuk recovery mode, dan pilih wipe dalvik cache (pada cwm) atau wipe data/factory reset (pada recovery mode biasa), lalu restart lg... harusnya sih skarang normal masuk sistem. Kalau uda selesai ya uda.... jadilah OS baru...

Gue sama skali tidak menyarankan untuk restore aplikasi dari Titanium Backup atau apapun ke ROM baru ini kalau memang tujuannya adalah install ulang, karena terkadang nantinya justru bakal ada app yg eror atau forced closed.

Gue anjurkan sih loe install CWM buat GalW kalau belom install.... CWM itu berguna banget ketika HP kita hang, bootloop, sampai stuck ga masuk sistem... cara installnya bisa masuk ke link ini:
Mudah kok....

Oya, jika sebelumnya HP loe uda di root dan install stock ROM via Odin, maka perlu dilakukan root ulang ya...

Oke deh, sekian tutor dari gue...

148 comments:

  1. Anonymous14/1/13 18:49

    HH ane booloop gan,dia kaga mau masuk home screan --"

    ReplyDelete
  2. @zamzam
    masuk cwm, wipe dalvik cache, coba restart lagi...

    ReplyDelete
  3. Anonymous14/1/13 19:31

    ini masuknya bukan ke cwm tp recovery biasa, tp langsung restart lagi gan ga sempet wipe data. itu knp ya?

    ReplyDelete
  4. sekarang ane udah di menit ke 48
    tp kok gk jalan2 ea..???

    ReplyDelete
  5. @zamzam
    uda wipe data harusnya normal kok gan masuk ke OS... kl ga ada yg salah di odin

    @fenyu
    lg tahap mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. @lilik
      kok komen disini.. di bawah harusnya gan..
      tahap wipe uda bener blom?
      itu ya iya otomatis ilang gan CWM kalau abis flashing.. flashing kan berarti balikin ke semula.. otomatis cwm ilang.. install lg aja cwm nya..
      solusi bootloop : wipe dalvik n wipe system factory reset

      Delete
  6. Anonymous20/1/13 14:46

    Udh gan, sekarang lancar :D

    ReplyDelete
  7. gaaannn,,ane barusan nginstall cosrum CM9 beta4, berhasil, tapi kok internetnya ga bisa jalan ya?? padahal udah dicentang.. mohon pencerahannya gan :(

    ReplyDelete
  8. @zamzam
    seep

    @idang
    salah kamar... gue ga bahas CM disini.. tp coba aja set APN lg manual... pake kartu apa?
    coba main kesini:
    http://www.lilololi.com/2012/08/custom-rom-terbaik-untuk-galaxy-w-i8150.html
    bagian ampir paling bawah yg warna warni tulisannya, cari sesuai provider agan, tinggal klik...

    ReplyDelete
  9. Gan kalok misal mau balikin ke stockrom lg via CWM bisa gak yaa , soal nya ane dulu pernah backup stocrom ane , tolong pencarahannya gan :(

    ReplyDelete
  10. @ardhana
    bisa kok gan... pernah backup lewat CWM jg kan? tinggal taro di sd card aja.. tar restore from external sd card

    ReplyDelete
  11. @ardhana
    jgn lupa full wipe dl yak

    ReplyDelete
  12. gan, kalo udah install CWM dan CM9, pas flash ke stock rom itu pake odin recovery nya jadi "stock recovery apa tetep CWM?

    ReplyDelete
  13. @blogasik
    balik lg k stock rom brati kembali ke recovery biasa gan... asalkan file stock rom-nya one package dan acora.ops dipake...
    kalau yg 3 package asal 3 3-nya ada ya balik lg ke stock recovery.. (jgn lupa ancora.ops jg)

    ReplyDelete
  14. gan, ane kan abis install CM9 nih, tapi auto rotationnya gabisa, kalo diaktifin pas di rotate ke kiri bisa, tapi pas mau balik ke awal ga bisa, ane cek pake android sensor box, accelerometer ane ga berfungsi dengan baik, itu cara fixnya gimana ya gan? apa harus balik ke stock rom dulu?

    ReplyDelete
  15. @blogasik
    as u can see... ane ga pernah nyoba cm.. jd ga bisa jawab gan...

    ReplyDelete
  16. kalo flash dgn instal rom lgsung dari CWM recovery ato CWM Manager tanpa pake odin gmna gan ??

    ReplyDelete
  17. @deera
    stock rom ? gabisa gan... stock smua via odin.. kcuali backup-an ndiri...

    ReplyDelete
  18. berhasil flash via odin 9 menitan udah lesei .. dan nyoba semua tutor buat GalW semua berhasil ..
    Tenkyu gan info2ny bermanfaat sekali ;)

    ReplyDelete
  19. boos. . .
    kl misal firmware stock ROM asli dr pabrikan itu DXLC1. nah aku mau instal yg firmware DXLM3 (terbaru), itu bermasalah g? sama-sama firmware gingerbread-nya 2.3.6, gmna?

    ReplyDelete
  20. @telu
    ga masalah kok.. selama itu ROM buat GalW uda pasti gada masalah.. mau downgrade aja ga masalah.. gmn ente.. :D

    ReplyDelete
  21. gan HH ane bootloop, ane coba masuk recovery kok gak bisa ya gan? itu knpa ya? setiap dinyalain cuma nyampe di tulisan samsung trus mati nyala lagi tapi begitu-begitu terus.

    ReplyDelete
  22. @median
    flash ulang aja gan... sesuai tutor disini.. masuk download mode..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane udah coba flash ulang gan tp ttep gk mau , pdhal pas di odinny udh selesai ,HH aneny gk mau ngereboot gan selalu pas reboot cuma muncul smpe tulisan samsungny aja gan . Itu knpa ya gan ?

      Delete
  23. sukses besar boos. . .
    akhirnya jadi tau juga kl uda di coba. .
    makasih boos. . .

    hehehehe
    by: Kelompok telu <- itu nama akun buat kelompok tugas kuliah bos. . .
    hehehehehe

    ReplyDelete
  24. @median
    kalau kaya gt kasusnya kemungkinan belom si wipe all via recovery...
    Oya, sekedar info, kadang memang cukup makan waktu di logo samsung.. ane pernah sampai 5 menit diem di logo samsung.. tp akhirnya masuk juga...
    tapi kalo kelamaan, ya coba wipe 4 langkah..

    ReplyDelete
  25. masalahnya HH ane gak bisa masuk k recovery mode gan . itu gmna ya kalo gitu ?

    ReplyDelete
  26. @median
    wew.. cara masuk recoverynya uda bener blum?
    coba install CWM, ada tutornya di web ini... Baru coba masuk recovery dan wipe all..
    Abis itu baru flash ulang seperti tutor di atas..

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. gan GalW gue juga gak bisa recovery gan padahal tutornya udah di turutin semua

    ReplyDelete
  29. @bruzz
    kayaknya salah cara.. bukan ga bisa.. seumur2 ane slalu bisa.. begitu jg dgn HH lainnya.
    uda di root belom? kalau uda coba aja pake aplikasi quick boot, nanti masuk recoverynya lewat sana

    ReplyDelete
  30. Itu kenapa ROMnya expired, pas udah selesai download filenya gak kedownload, malah expired pas dibuka linknya. sayang bener 331 MB abis tapi gak ada hasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. @panji
      donlod pake apa ente?
      expired gmn? donlod kok bisa expired...

      Delete
    2. Pake gogle chrome. pas udah selesai download ada tulisan kesalahan disamping filenya, udah itu ane buka linknya malah expired

      Delete
    3. @panji
      hmm... kayaknya itu salah dari chrome.. karena hotfile ga support resume.. donlod dari hotfile better pake IDM mas bro.. jadi bisa yakin 100% file-nya didapetin... ga cuman setengah tapi dianggap 100%.. gt masbro... karena ane tadi siang baru aja download ulang... lancar2 aja tuh di IDM... (speed rata2 200KB/s)

      Delete
  31. buseet boleh dicoba nih hahah thanks ya sarannya

    ReplyDelete
  32. bro kalo mau restore sms atau semacamnya pake cwm itu nama filenya apa ya? ane mau make advance restore from extenal sd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. backup sms pake ini aja...
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.riteshsahu.SMSBackupRestore&hl=en
      CWM ga nge backup data dan sms lo.. cuma backup system/ROM

      Delete
  33. makasih gue berhasil.......

    ReplyDelete
  34. kk kan ane pakek CWM.udah masuk ni download modenya tapi waktu tekan volume upnya untuk lanjutin kok gk bisa y?(udah saya tekan lama tuh volume up tetap gk mau jalan \) Gimana ni kk mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ramadhan
      tapi waktu tekan volume up gada perubahan apa2?

      Delete
  35. gan, itu langkah2nya bisa diterapin buat install Stock ROM yg lain gak, misalnya ke JB gtu ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @laksonn
      bisa... tp apa ga salah ada JB buat galaxy W..

      Delete
    2. ada seh gan tp cusrom alias Unofficial :)
      uda bsa dbilang bagus n stabil koq, itu sih mnurut referensi dr tetangga2 ^^
      tp klo pngen nyobain gan : http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2214959

      Delete
    3. @laksonn
      yah... cusrom sih tau.. tp kan beda cara gan install cusrom sama install stock rom..

      Delete
  36. Gan hp saya nge heng habis mau coba2 os baru,,, hehehe mohon bantuan nya ya gan, ini saya masih download filenya... smoga saya berhasil, amin :D

    ReplyDelete
  37. hahaha :D
    gan ini saya sudah pass katanya tapi ke restart terus HH nya ? gmna gan ? ada saran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ponco
      maksudnya? bootloop? bolak balik restart?
      coba di wipe dlu gan... masuk recovery, terus wipe dalvik/factory format

      Delete
    2. iya gan, klo sudah, di flash ulang lagi gitu ? ya langsung di coba jerrrrr ;)

      Delete
    3. @ponco
      ga usah gann... cukup wipe uda gt restart.. uda nyala normal harusnya

      Delete
  38. gan install stock rom bisa langsung di flash via cwm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mul
      semua stock rom cuma bisa odin...

      Delete
    2. ane udah install driver tapi masih ga ke detek di komputer gimana ya?

      Delete
    3. @mul
      USB debug uda dicentang belom gan?

      Delete
  39. Gan makasih sarannya udh berhasil... I like your blog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ponco
      sip.. sama2... senang blog ini bisa berguna.. :D

      Delete
    2. Skrng saya pangen ncoba yg cm 9 itukan ics. mau downlpad os.nya dulu hehehe. Klo cm 10 sya udh pernah make . cuma msh bnuk yg krng support tapi g lelet gan. hehehe. skdr berbagi sedikit. :D (sharing)

      Delete
    3. @ponco
      ane tadinya mau share itu.. cuman karena ada beberapa bug itu kan (belom sempurna) mending ga di share dl sm ane.. takut pengunjung kecebong... alias kecewa..

      Delete
    4. Iya gan. pernah coba cm 9 ? ics 4.0.4 ? klo udh pernah d share ya gan (y) thanks. hehehe

      Delete
    5. @ponco
      cuma sempet coba bentar.. waktu jaman2nya kamera not working.. sbenernya oke.. cuma karena cusromnya belom stabil jd pindah lg..

      Delete
  40. ko sudah saya coba bahasa nya malah bahasa cina ya? tolong pencerahan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dovi
      ente pake rom apa gan? xxlm8? dxlm3? ato apa?
      paling cari aja settingannya gan di setting - language... coba2 aja diterjemahin pake perasaan.. :D

      Delete
  41. Gan, ane mau masuk recovery mode aja ga bisa, vulome up + home udah, tapi malah restart melulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @light
      kalo restart lagi berarti salah timing waktu ngelepas tombol powernya.. coba lg aja gan pake feeling yg bagus.. seandainya mentok ga bisa, coba install quick boot (root only) di market

      Delete
  42. gan ini rom kaya semula lagi gak?
    ni sgw pgn kayak sebelum ane pake rom bnlp

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup.. namanya jg flashing ulang.. ya balik lg..

      Delete
  43. ga mau masuk cwm gmn gan caranya??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. @denis
      baca bagian CWM.. uda ada videonya

      Delete
  44. gan ane minta link download yg xxlm8 dong

    ReplyDelete
  45. bagaimana caranya install kalau ROM-nya dari XDA g bentuk tar/MD5
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arif
      formatnya apa gan kalo bukan itu???

      Delete
  46. bro, hp ane bootloop, ga bisa masuk recovery..tapi bisa masuk ke download mode..gimana ni?
    mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. persis kaya gan median diatas bro..HH ga rebbot sendiri..di odin tulisan pass background biru, di hh gambar batere(kayak lg charge posisi hh mati,cuma ga ada ijo2nya)..
      gimana ni bro?? pusing ane..
      mohon pencerahannya..

      Delete
    2. @aan
      ikutin aja saran ane...
      install cwm lagi, terus masuk recovery..
      kemungkinan ada yg salah settingan ini..

      Delete
    3. ga bisa masuk ke recovery gan,,tp masuk download mode masih bisa..itu yg bkin ane bingung..
      (karena bisanya masuk download mode) ane coba flashing lagi..sampe 3x lebih flashing lagi (sambil liat2 tutorial lagi),hasilnya sama aja gan..

      Delete
    4. @aan
      beuh.. ane ga nyuru masuk cwm.. ane minta install cwm lg... :D

      Delete
    5. udah ane coba gan,tapi masih gagal..T_T

      Delete
    6. @aan
      ini sebelumnya sbenernya agan uda wipe belom sebelom install rom?

      Delete
  47. sesuai tutor ini gan, wipe data/factory reset, wipe cache partition, wipe dalvik cache, wipe batery stats, wipe dalvik cache (lagi)..

    ReplyDelete
  48. gan, ko pas udh mode download start ada tulisan cannot open the usb serial port. code 5 ea? mhon pencerahan ny gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @diani
      USB driver belom keinstall mungkin?

      Delete
  49. Salam.. mau tanya gan kenapa menu recovery mode ane ga ada wife dalvik cache ya, yg ada hanya wipe data & wipe cache partition, thx gan.

    Ane pske sgs2 i9100

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rupi
      itu pake CWM apa recovery bawaan? menu tersebut cuma ada di CWM..

      Delete
    2. Recovery bawaan, terus dapetin cwm download dimana gan.. please link nya gan..

      Delete
    3. @rupi
      untuk SGS ane gatau gan.. ga punya tu HH.... klo untuk gal W sih ada di blog ini jg

      Delete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lefa
      gampang... disable dl adblock atau greasemonkey-nya... ini baru dites masi bisa..

      Delete
  51. ane mau flash stock ROM xxlm8 (sebelumnya ane pake DXLM3).
    kalo semua aplikasi di rom dxlm3 yg ane backup di TB (app download dan app bawaan ROM) bakalan bisa direstore di xxlm8 nanti ngga? (apa ga ada masalah tuh? ntar)
    kalo ane udah ganti rom ke xxlm8 itu basebandnnya bakal xxlm8 juga atau mesti flash lagi?
    basebandnya mau diganti ke xxlm8 itu download file apa gan? file ROM md5 nya (yg ane gunain buat flashing) atau download file lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @gilang
      bisa beberapa doang gan.. Kejadian di ane sih waktu restore dari TB beberapa game ga bisa dmaenin lg..
      baseband otomatis ke xxlm8 kalau pakai yg one package.
      Kalau ga one package carinya yg PHONE, itu baseband..

      Delete
    2. kalo kernel yg recommended buat ROM XXLM8 ini apa ya gan? kernel bawaan ROM nya apa yg lain?

      Delete
    3. @gilang
      kalo ga bawaan ato ga cwg..

      Delete
    4. masalahnya ada beberapa data dari aplikasi bawaan ROM DXLM3 yg ane butuhin nanti. itu ga trouble ntar kalo direstore via TB?

      terus kalo flashing tema via CWM (ubah tampilan statusbar/icon) yg ane lakuin sekarang di ROM DXLM3, bisa diterapin juga ngga ke ROM XXLM8 nanti?

      sesudah flashing rom xxlm8 ini apa yg hrs ane setting? (misal APN atau apa gitu?)

      Delete
    5. @gilang
      data apa dl gan?
      bisa.. maksudnya yg kaya kitchen itu kan?
      apn tentu disetting ulang karena itu bukan rom indo.. terus bahasanya pun gada bahasa indo..

      Delete
    6. data di memo, ya mksdnya theme/tampilan ky kitchen itu bos (icon di statusbar, animation, selama masih .odex) . it's ok gada bahasa, ane biasa pk english ko selama ini.

      Delete
    7. @gilang
      data memo itu ga lewat TB ya.. tapi lewat manual di export. Nantinya tetep bisa dibuka kok..
      Yup.. hasil kitchen jg masi bisa dpake..

      Delete
  52. berhasil gan, 100 % lantjar djaya HH ane ..
    makasi gan tutorial nya.

    ReplyDelete
  53. Makasih gaaan. Akhirnya HH gue ngerasain jelly bean juga T_T *maklum gak ada yang official* tinggal nunggu bbm for android aja ni :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. @cecil
      sama2...
      BBM masih agak lamaan... akhir juli aja baru buat ipin katanya...

      Delete
  54. bisa nimbrung g' gan???

    ada app yang bisa buat overclock g' gan???

    ReplyDelete
  55. gan setelah saya instal galaxi W ke ICS saya tidak bisa membuka file office..masalahnya dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @dendy
      install aplikasi buat buka officenya dl bro.. Kaya kingsoft office, polaris, dll..

      Delete
  56. kok abis flashing slesai di odin uda slesai semua tinggal restart tapi uda direstart ga bsa masuk home screen yang ada ngeerestart terus itu kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @klaud
      salah wipe..
      coba factory reset terus wipe dalvik 2 kali-an.. harusnya normal lg..

      Delete
  57. gan misalnya udah odin di buka , terus colokin hp ke komputer . terus ga terdeteksi sama si odin nya , terus itu gimana ya gan ? tolong pencerahanya ya

    ReplyDelete
  58. GAN THANKS GAN ATAS INFO NYA :D
    TADI BERHASIL ANE COBA
    BERGUNA NIH BLOGNYA ... ++++ DEH POKOKNYA

    ReplyDelete
  59. cuma sempat masuk ke upgrading OS yang ada counternya, habis itu bootlap..
    ada kesalahan di mana Mas..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesalahan di wipe, install http://www.lilololi.com/2012/10/instalasi-clockworkmod-recovery-di.html ini dulu terus masuk recovery mode and wipe semua termasuk yang di advanced mode, barusan kena bootloop jg langsung selesai masalahnya :) ,

      Delete
    2. @unk
      bisa liat pesan bang rizki
      bootloop terjadi karena proses wipe yg ga bener

      @rizki
      thanks for answering... :D

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Anonymous30/7/13 03:18

    [ask]
    kalo pake odin3 v3.07 bisa ga?
    kan odin v.3.07 ga da file ops-nya.
    jadi langsung PDA aja ane kasih firmware si gal.W.
    ada kemungkinan gagal ga?
    atau kalo pake odin3. v1.85, gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aypice
      mending ikutin sesuai tutor... kesalahan ga ditanggung kalau ga sesuai

      Delete
  62. Kalo gal w ,gak bisa masuk cwm, hp nya udah di root n pasang customrom,,bootloop gara2 sd card nya di partisi,,udah di flash via odin tp gak bisa,,masih bootloop n mtp driver failed waktu flash via odin..gimana solusinya dan caranya gan..?
    hp di nyalain juga gak bisa,cuma sampe logo samsung aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rizky
      flash via odin
      install cwm
      coba masuk recovery, full wipe

      Delete
  63. gan , kalo permasalhnya adalah ga bisa masuk sistem . harus gimana ? saya udah wipe semuanya. karena sebelumnya saya custom rom manual pake rom toolbox . mohon pencerahannya. kalo ga bisa masuk sistem gimana mau nyentang usb debugging?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @min
      langsung flashing aja tanpa centang... coba dlu aja

      Delete
  64. Gan GalaW pnya gue uda pass itu prosesnya tp koq lma bgt yya gk msuk" gue restart msuk k.recovery koq recoverynya gk ada yya cm gmbar robot ijo sm kardus aja.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @endi
      uda lama itu berapa lama?
      Itu uda masuk recovery kok.. tinggal pencet menu aja kalau uda muncul tu robot ijo + kardus..
      Kalau bisa sih install cwm dlu..

      Delete
  65. Gan,HP gue galaxy w ku jadikan ICS dengan cm9 apakah bisa di flashing?.........
    kalau bisa aplikasi Samsung aps,gamehub, Dan aplikasi yg dulu ada?.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ryan
      ya bisa... kan balik lg ke awal smua..

      Delete
  66. gan gimana gk ada bhs.indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ryan
      makanye dibaca dl baek2 tutorialnya.. jgn maen jeblos aje... coba deh baca lg baik2 tutornya di donlod bahan ke 1...

      Delete
  67. gan HH ane gamau masuk ke homescreen, terus udah ane masuk ke recovery ga sempet wipe langsung reboot sendiri terus gamau masuk homescreen lagi. mohon pencerahan gan, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arief
      kl reboot ndiri sistemnya ada yg ga bener..
      paling caranya di flashing ke stock rom lagi (xxlm8), terus install cwm, baru wipe dalvik.. harusnya lancar..

      Delete
    2. udah bisa gan thanks

      Delete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. mantaaaap gan, ada rom yang bagus lagi gak.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @joko
      mungkin bisa install jellybean nya gan.. :D

      Delete
  70. gan ane mau nanya.glxy W ane dah ane instal jelly bean.klo mau ngebalikin ke os ori nya gingerbread gmna y gan.....

    ap prlu d flash dlu?lo instal manual lwat hp bsa gk y gan,pkai recovery CWM,mksdnya gk pkai ODIN Gtu.....

    soalny ane kmrn instal jelly bean gk pkai ODIN,Lwat CWM .

    tlg pncerahanya gan.

    thank.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yunan
      harus flashing.. caranya ya di atas tuh... tinggal diikutin tutorialnya..
      beda dong.. kmaren kan JB itu cusrom, bukan stock rom..

      Delete
  71. gan di odinnya muncul tlisan fail, tpi di hhnya uda terinstal, itu knapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @idraki
      ya suku kalo begitu..
      tapi harusnya ada yg ga beres..

      Delete
  72. gan, itu mesti pake USB bawaan GalW ya? klo pake merek lain kyk GalSII atau Gal yang laen bisa ga ?. Mohon pencerahannya..soalnya pake USB BB ga konek2 juga...udah di install USBnya malah fail installnya.

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wawan
      kaga gan... ane biasa pake kabel bb bisa...
      jangan pake hub ya.. colok lgs ke komp-nya... terus coba pindah colokan...
      kalau masih sama aja mungkin ada step yg kelewat...
      Btw, USB ga usah diinstall, drivernya yg diinstall

      Delete
    2. driver yg agan share kan..udah ane install...usb di colokinnya pas udah masuk mode download gan ?

      Delete
    3. @wawan

      iya gan...
      kalau di bandung daripada pusing bawa aja ke cafedroid gan...ada di cibaduyut

      Delete
  73. misi saya mau tanya, kalo pas di colokin usb ke odin tp ga ke detek terus itu kenapa ya?? pake kies & usb driver juga tetp ga ke detek??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ariska
      coba colokannya yang diganti... misal tadinya nyolok USB yang di depan, ini ganti ke belakang. Terus coba juga ganti kabelnya.

      Delete