Pages

Wednesday, October 3, 2012

Instalasi Clockworkmod Recovery di Galaxy W (CWM Installation for Galaxy W)


Ini merupakan cara untuk instal CWM untuk Galaxy W.
Apa sih CWM? CWM merupakan recovery mode yang menurut gue paling lengkap dan berguna. Bahkan ketika HP android kita itu brick(ed) atau rusak atau eror atau hang, CWM ini yg bakalan nyelametin HP android tsb. HP gue uda sering bootloop atau brick, dan lewat CWM inilah gue benerin tu HP (makanya dulu gue pernah buka jasa service HP Android)

Sebenernya Samsung sendiri sudah ada recovery bawaan (tes aja dengan cara melihat video di paling bawah, vol. up+menu+power, nantinya ada tulisan recovery dan menunya cuma sedikit),
tapi recovery bawaan ini masih kurang bagus dibanding CWM soal fasilitasnya.

Masih butuh info mengenai CWM silahkan googling aja...

Jadi cara installnya gimana? Kali ini gue kasihnya instalasi CWM melalui ODIN, karena paling mudah dibanding ADB untuk para nubie (cara untuk versi ADB silahkan googling sendiri...)

Pertama uda pasti donlod bahannya dulu melalui PC/laptop:
  1. WinRAR untuk di PC : klik disini atau disini, - gatau brapa ukuranya, tapi kecil kok dan cari yang terbaru untuk OS PC/laptop kalian. install di PC/laptop
  2. ODIN : klik disini - 500KB, ga perlu isntall, portable app kok...
  3. Ancora.ops untuk odin galW : klik disini - 1KB, diekstrak (menggunakan winRAR) sehingga menghasilkan file Ancora.ops, file ini yang dipakai nantinya
  4. Clockworkmod : klik disini - 4MB, ekstrak di komputer/laptop dengan menggunakan winrar. (klik kanan file-nya, pilih extract here, kalau ditanya password biasanya : cross8 )
  5. Samsung USB Driver jika belum ada : klik disini - 23MB, jangan lupa diinstall seperti biasa di PC.
  6. Kalau link-nya mati atau deleted bisa coba cari di google, ada banyak.. atau comment aja... kecuali USB Driver, gue ga bisa re-upload, kegedean soalnya...
Pertama, dalam keadaan hidup HP-nya, masuk ke settings - application - development
Centang bagian USB Debugging
Selanjutnya, matiin HP-nya
Berikutnya, masuk ke Download Mode dengan cara:  
Dalam keadaan HP mati, pencet:
VOLUME DOWN (buat kecilin volume) + Menu + Power sampai nantinya muncul tulisan Downloading...

Buka aplikasi Odin
Kalau uda, colok HP-nya ke komputer/laptop dengan menggunakan kabel data bawaan dari Samsung, nantinya di bagian kiri atas (kotak pertama) bakalan berubah warna kuning tulisan COM1, kalau ga ada brati belum diinstall driver USB samsungnya... Pokoknya harus jadi kuning, soal tulisan COM berapa ga begitu penting. Karena warna kuning menandakan uda kedetek hp-nya di odin.

Kalau uda, di odin tersebut, di bagian Select Ops, pencet tombol Ops, dan browse ke file ANCORA.OPS yang uda di download dan diekstrak tadi.
Selanjutnya, di bagian kiri ada tulisan One Package, centang bagian tersebut.
Untuk bagian auto reboot, protect ops, dan reset time dicentang dan biarkan default saja.
Selanjutnya, di bagian paling bawah kanan, tekan tombol One Package lalu locate file CWM yang sudah diekstrak tadi. Kalau uda bener smua, silahkan pilih tombol START.

Tunggu sampai warna kuning di kotak pertama jadi biru, tar HP-nya restart sendiri kok. Kalau uda warna biru baru boleh dicabut tu HP dari komputer/laptop.

Untuk tes uda keinstall apa belum, silahkan matikan HP lu lalu nyalakan dengan cara menekan tombol
VOLUME UP + Menu + Power, lalu setelah logo SAMSUNG hilang langsung lepas tombol Power tapi masih menekan tombol VOL. UP dan Menu (lihat video di bawah). Terus tahan sampai masuk ke CWM...


Done...

Lu uda bisa backup dan restore disana. Bahkan untuk instalasi custom rom, rooting, dsb. itu biasanya lewat CWM ini... jarang2 lewat odin atau yg lainnya.
Selamat menikmati HP keren lu deh..

Note: pada dasarnya instalasi CWM itu sama di semua HP produk samsul, yaitu odin, ops, file cwm, dan driver. Cuman yang berbeda itu OPS dan versi ODIN-nya, juga file CWM-nya, kalau driver sih biasanya sama aja...
Langkah-langkahnya juga sama kok.. Tapi untuk HP lain silahkan cari sndiri... googling is the best...

87 comments:

  1. ketika masuk select ops saya tidak menemukan file ancora.ops...knapa ya bro?kayak gk kebaca gitu di odinnya.mohon pencerahan

    ReplyDelete
  2. Ancora.ops kan di download.. Terus di odin tnggal select ops lalu cari file ancora.ops yang didownload tadi...

    ReplyDelete
  3. gan knapa sya selalu <1> --- cannot open the usb serial port. code: 2
    berulang kali gak berhasil2....gmna caranya gan

    ReplyDelete
  4. dah ane respon lwat thread GalW

    ReplyDelete
  5. ke kaskus bang..

    intinya ganti colokan (ke belakang atau clokan lain) dan jangan pakai USB HUB dan jangan lupa install drivernya

    ReplyDelete
  6. ane pake Window 8 gan.. dan ga sukses..
    anw oprek ternyata di file odin sama driver nya perlu di modif dulu..
    klik kanan, propertis, compatibiliti mode di ganti pake windows 7, dan....
    BERHASIL!!!!

    thanks gan!!!

    ReplyDelete
  7. sama2...
    odin kan memang baru support win xp, vista, seven.. ktauan ni blom googling soal udin... XD

    ReplyDelete
  8. om vander it udh ane download ancora.ops
    tpi kok gk ke detect y atw kagak bisa dicari y??

    ReplyDelete
  9. apanya gan yg gabisa dicari?

    ReplyDelete
  10. gan, mau tanya ni, saya punya samsung galaxy w, sudah saya root dan sudah ganti OS dari OS 2.3.6 mnjdi 4.0.4.
    Pertnyaan saya, bagaimana caranya supaya hp saya bisa seperti semula lagi ke OS 2.3.6?
    trimakasih:D tolong di bantu ya infonya

    ReplyDelete
  11. install stock rom aja... cek kaskus gan..

    ReplyDelete
  12. Buat FItra Ardhita
    coba cek file Ancora.ops nya
    saya download dari blog ini otomatis jadi ancora.ops.txt
    edit aja lewat windows explore, biar jadi ancora.ops aja
    pasti kedetect..

    ReplyDelete
  13. Berhasil gan !!!
    blm lama pake andro nii

    ReplyDelete
  14. @alfy
    thanks 4 help

    @juan
    seep.. pasti bisa kok ikutin tutor ini.. guampang sekali

    ReplyDelete
  15. apa perlu di root dulu kalo mau instal cwm ini gan

    ReplyDelete
  16. ok sip ,,,,
    btw master ,,, bagi tutor custum room wat ics dunk ,,, ane penasaran hehehehehe
    coz w nyari googling ga nemu ,, bahasa inggris semua n ada indonesia link nya pd brokenn n ga bisa d download

    ReplyDelete
  17. @yusuf
    semuanya sama kok.. install via cwm... gue ga bisa kasi tutor yang ga pernah gue coba sob... :D
    tutor disini pasti uda gue coba semua...

    atau kalau mau danain boleh nih... danain buat download + oprek :D

    ReplyDelete
  18. gan downloading nya memang lama ya? gw uda nungguin setengah jam ga selesai, apa ada masalah kah?

    ReplyDelete
  19. @zyl
    install CWM via odin? harusnya ga lama kok... cepet.. tp tergantung komputernya jg...
    btw, ini downloading dalam keadaan dicolok kan? atau cuman masuk download mode? kalau cuma masuk download mode memang tulisan gt terus.. gakan berubah apa2... lo baca tutor yg mana si?

    ReplyDelete
  20. oke-oke gan sudah berhasil, gw salah langkah malah gw diemin aja. hhaha
    terima kasih gan.

    ReplyDelete
  21. kok saya tulisannya rocovery terus????dah lebih 10 menit masih recovery...

    ReplyDelete
  22. @rafiq
    kemungkinan gagal...
    ada yg salah atau kelewat keknya stepnya..

    ReplyDelete
  23. addduuuhhh...udah lebih 10x dcoba malah...pengaruh g kl sudah pernah d upgrade OL pake samsung kies???

    ReplyDelete
  24. @rafiq
    yakin gada yg klewat atau dilewatin?
    ga ngaruh kok harusnya
    coba OPS-nya jangan dpakai..

    ReplyDelete
  25. Gan Vander, ane sudah sampe biru trus udah ane lepas... tapi sewaktu ane tes CWM nya apa sdh msk kaya di video agan, ngga muncul2 CWM nya... dah ane coba 3 kali sampe 5 menit ngga muncul. mohon bantuannya gan? thanks before

    ReplyDelete
  26. @stivan
    Salah cara masuk recoverynya kali..
    coba install quick boot gan.. ada di market.. masuk lewat quick boot aja..

    ReplyDelete
  27. biasanya berapa lama prosesnya? punyaku kok lama banget ya ?

    ReplyDelete
  28. @ifan
    bentar kok.. loe lama di bagian apa ??

    ReplyDelete
  29. gan vander HH ane sama masalahnya sama agan stivan udah bru trs d lepas pas mau ngecek CMW nya kaya d video malah gak bsa, mucul tlsan smsu*ng tp langsung mati lg, trs coba pake quick boot jg ga bsa ada tlisan no root access..
    mohon bantuannya gan..

    ReplyDelete
  30. @gagat
    kalau belom di root gakan bisa pake app quick boot gan... Waktu install quick boot makanya dibaca dl... (ROOT ACCESS REQUIRED)
    Cara terbaik testing uda ada apa belom ya pencet tombol2 yg gue maksud... belajar lg aja caranya di video.. perhatiin detailnya baek2

    ReplyDelete
  31. udah bisa gan tapi beda kaya di video, jadi pencet tombol power dulu kalo udah keluar tulisan sams*ng lepas tombol power baru pencet tmbol volume up + menu.. thanks gan udah bsa masuk CWM..

    ReplyDelete
  32. @gagat
    hebat tu cara bisa work gan...
    tp yg penting jalan dah..

    ReplyDelete
  33. gan ane yg di kaskus tadi...gimana solusinya buat kl flashing cwm trus gak hijau di odinnya...ud 30 menit gan..pas ane langsung cabut malah ada perntah restore recovery via kies...and gimana cara balikin recovery,ap ane harus flash rom bawaan via odin,atw tetep coba flash cwm via odin....mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete
  34. @ade
    flash ulang lagi itu.. baru install cwm
    ancora.ops ya bukan .txt

    ReplyDelete
  35. Gan m0 nanya...
    Custm rom terbaik wat gaL w pke apa
    tolong pencerahan gan

    ReplyDelete
  36. kalo odinnya belum biru trs KECABUT dampaknya apa ya?

    ReplyDelete
  37. tapi udah di posisi restart sih

    ReplyDelete
  38. @panji
    biasanya ga jalan.. ato brick.. atau bootloop..
    tp kl mulus ya gpp..

    ReplyDelete
  39. mas aku mau tanya kalau instal CWM tapi ga pake ODIN bisa ga... yang file nya zip instalnya lewat HP langsung bisa ga sih..

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ricky
      sampe komen ini dibuat sih ga ada... emg apa susahnya lewat odin?

      Delete
  40. gan,ane tdi coba cma gk kliat ancora.opsnya,,jadi ane manual ktikin sndiri,kykny sih formatnya jadi:ancora.ops.txt,,trus ane klik start,skr udh 28 menit kalau mau direstart prosesnya gimana ya gan?,,apa diclose program odin di PC?atau lgs cabut usb atau gmna thx b4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @jimmy
      gubrak.. kan uda dibilang jangan .txt... -_-"
      diulang lg aja..

      Delete
  41. gan ane udah ikutin langkah buat downgrade kok di odinnya ga kedetek2 , padahal usb driver udah didownload di PC kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @malik
      downgrade?? downgrade apa?
      usb debug sudah dicentang kah?

      Delete
  42. gan, install CWM yg ga pke odin tuh apa ya istilahnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @lakson
      kagak ada...
      install cwm buat galW cuma lewat Odin..
      kalau HH lain mungkin bisa pakai ROM Manager atau recovery... tp galW ga ada

      Delete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Keren.. alhamdulillah sekali Coba berhasil. Mantab dah juragan Vander ini. tengkyu...

    ReplyDelete
  45. Mantap gan.... Berhasil! Tengkyu berat....
    Btw, kalo mau balikin (cabut) CWM gimana caranya ya gan?
    Misalnya mau bawa ke service center gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @abi
      nda bisa gan... plg flash ulang.. soalnya ane ga punya recovery.zip bawaan samsul..

      Delete
  46. thank gan info nya sangat membantu, tp kalo hp nya tiba2 mati trus di flash dengan cara di atas bs gak? mohon bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arief
      ini maksudnya mau flash install ulang atau flash upgrade?
      kalo via CWM bisanya plg flashing install ulang (wipe dalvik, cache, dan partition) plus wipe system alias factory reset

      Delete
  47. mohon bantuannya gan..
    kok setup connection.. terus udh 1 jam gk berubah warna biru gan??
    thx gan

    ReplyDelete
  48. berhasil gan..td connector usb ane bermasalah
    thx gan

    ReplyDelete
  49. gan hp gue gan bisa on dan tertera upgrade encounted an issue. kerna saat install cwm aku cabut kerna lama bangat. tolong!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @amirul
      flash ulang dlu gan.. caranya ada di blog ini juga kok..
      cwm kalo lama gt biasanya ancora.ops salah

      Delete
  50. Agan vander mau tanya, semuanya udah ane lakuin om, nah pas proses odin kan udah biru tu tapi HH ane ko gak restart ya? terus kan lama ya kagak restart akirnya HH nya ane cabut kabel data nya .. alhasil HH ane ada tulisan "via KIES apa gitu lupa ane .. akirnya udah ane flash lagi dan sukses ...
    nah kira2 itu masalah nya dimaana ya gan?
    mohon pencerahannya . makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @joseph
      masalahnya kemungkinan auto reboot nya ga kecentang atau dia stuck.. problem ini sempet ada di kaskus.. rata2 karena .ops nya salah atau file CWM corrupted...

      Delete
  51. Anonymous26/6/13 22:39

    oke lancar jaya...
    makasih bnyak gan... (Y)

    ReplyDelete
  52. bro, setelah berubah warna bairu hh ane koq g ngrestart ya bro?
    trus ane cek (vol.up+power+menu) abis logo samsul ilang jg g bisa masuk seperti yg di video nya. knp tu bro problemnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @reza
      kemungkinan ada 3
      1. ga centang auto reboot
      2. ancora.ops salah
      3. file cwm korup.

      Delete
  53. tempat download ancora.ops yg benar dimana?
    soalnya gw ganti ganti tetep aja lama banget installnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ja
      disini.. donlod, ekstrak.. dapet .ops nya, pakai
      kalau lama bisa jadi USB development lupa dicentang

      Delete
  54. ka Vander,
    file file ODIN, Ancora & CMW di taro di HH ?

    terus saya kan volume down + menu + power ga bisa tp harus pake volume up.
    terus muncul bacaan downloading [ do not turn off target ] di apain lg ?

    maaf ka , newbie soal nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @vika
      baca baik2 dlu.. itu uda jelas kok odin buat apa, ancora diapain, cmw diapain...

      itu berarti uda masuk download mode.. tinggal colok.. tar kedetek di odin.. (kalo ga kedetek pastiin langkah2nya uda bener, baca teliti dan baik2, orang pintar ga males baca kok...:D)

      Delete
  55. jempol 2 maju semua gan :)

    ReplyDelete
  56. gan kan saya udah tekan volume down+menu+ power tapi ga bisa download mode. sering muncul logo samsung tapi setelah tu mati lagi dan muncul lagi logo samsungnya dan begitu seterusnya, da solusinya ga gan???

    maaf gan, newbie soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iphin
      gini aja
      Teken power + vol. down + menu (tombol tengah)
      pas logo samsul nyala, lepas tombol power.. tapi 2 tombol lainnya (vol down + menu) tetep dipencet.. liat deh videonya...

      Delete
  57. makasih sebelumnya gan,,, tapi aq udah coba berulang kali seperti yg agan bilang tapi tetap ga bisa gan,,, pas dilogo samsung nya nyala wlauoun 2 tombol lainnya tetap dipencet malah hpnya masuk ke os androinya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iphin
      hmmm... gada yg salah sih.. kek nya masih kurang tepat aja timing ngelepasnya gan....
      intinya sih uda ane share d video.. atau kalau mau install terminal gan... masuknya lewat sana..

      Delete
  58. gan , ini kok lama banget yaaa ga biru biru

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kelly
      tonjok aja gan sampe bengkak biar biru....

      mungkin ada yg salah... usb debug uda centang blm? file korup ga?

      Delete
  59. Gan Kalau ane mau instal jelly bean di galaxy w ane apakah perlu di root lgi gan..
    atau hanya perlu instal CMW nya aja gan...??
    mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @master
      karna ini cusrom jadi otomatis udah ke root gan

      Delete
  60. Gan Ane udan INtal tu Wonder ane pakai JB kok gak mau Wifi nya gan...
    mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @master
      coba masuk lagi ke cwm terus fix permission

      Delete
  61. pada saat penginstalan pakai koneksi internet atau nggak?

    ReplyDelete
  62. saya juga sama masih masuk ke recovery medo terus. ..
    saya melewatkan step USB debuging, kan lama ada 300 menit tan. ane cabut kabel usb nya ehh gk bisa masuk sistem nya jadi pas keluar logo samsung trus ada gambar komputer---!!-- hp kek gitu

    ReplyDelete
  63. saya juga sama masih masuk ke recovery medo terus. ..
    saya melewatkan step USB debuging, kan lama ada 300 menit tan. ane cabut kabel usb nya ehh gk bisa masuk sistem nya jadi pas keluar logo samsung trus ada gambar komputer---!!-- hp kek gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lupa gitu paling di install ulang gan gal W nya

      Delete