Pages

Sunday, October 7, 2012

Swapping Memory Galaxy W (Mengakali sd card menjadi internal memory)

Apa itu swapping?

Seperti yang kita tau kalau Galaxy W itu internalnya cuma 2 GB (USB Storage) dan externalnya terserah kita (SD Card). Nah, kalau lu doyan main game HD dan jumlahnya banyak, gue berani jamin ga muat tu di Internal, secara game HD itu datanya bisa mencapai 700MB sampai 1GB. Tutor ini sebenernya bisa diterapkan HH lain selain Galaxy W I8150, tapi resiko ditanggung sendiri ya.


Makanya dibutuhkan suatu metode supaya internal itu jadi lowong alias BESAR space-nya. Maka dari itu cukup dengan cara beli Micro SD Card yang punya kelas tinggi (class 10 sangat direkomendasikan) dan tentunya kapasitasnya juga besar (di atas 8GB sangat direkomendasikan). Supaya lebih awet, belilah yang merk-nya cukup ternama seperti Transtudio (Tr***cend) atau Te*m. Gue sndiri pakainya 16GB class 10 merk Te*m.
Nah, swapping ini nantinya bakal menukar USB Storage tadi dengan SD Card kita, sehingga USB Storage kita jadi 16GB (contoh punya gue) dan SD Card jadi 2GB. Jadi dijamin lega banget dah tu internal memory.
Penanda kelas bisa diliat di gambar berikut (gue lingkarin merah)

Hal paling penting, DWYOR (Do With Your Own Risk, artinya: Joget dangdutan sebelum bertanya).
Tutor ini dibuat untuk menindaklanjuti artikel saya tentang Custom Rom Terbaik Galaxy W jadi gue anggap HH/HP situ SUDAH ROOT dan MASIH FRESH (belom install aplikasi apa2), kalau situ bukan dari artikel tersebut tapi tetep mau nyoba, silahkan tapi resiko tanggung sama ortu dan jangan ngomel2 disini.
Gue ingatkan lagi, jangan pernah swap memory kalau SD Card ente di bawah class 8 dan kapasitas di bawah 4GB, dampaknya bisa cukup fatal karena akan lemot hp-nya.

Pertama, silahkan donlod bahan2nya dulu:
1. Rootex - klik disini (250KB)
2. Vold.fstab yang sudah dimodifikasi - klik disini atau disini(1KB)
3. Teh atau kopi supaya ga tegang (seribu atau dua ribu lah, gimana warung)

Gue lupa sih, di BNH LP uda ada rootex (root explorer) apa belom, kalau uda ya ga usah diinstall, tapi kalau belum ya install dulu.

Mari mulai...
1. Dengan menggunakan card reader, format SD Card lu supaya tipenya menjadi FAT32. Cara format gampang kok, klik kanan aja sd card-nya di kompi/laptop terus pilih format, dan ubah tipenya ke FAT32. Jangan lupa di backup data sdcard-nya sebelumnya supaya ga hilang (kalau ada datanya)
2. Kalau format uda selesai, ekstrak dan pindahkan rootex yang didonlod tadi ke sd card lu.
3. Jangan lupa juga kopi si vold.fstab yang tadi uda didonlod ke sd card juga.
4. Di HP, ke my files atau apapun, cari tu apk, terus install dan buka. (kalau uda punya, cukup buka aja)

5. Di dalam aplikasi rootex, cari file vold.fstab yang didonlod tadi, tepatnya ada di folder /sdcard, cari vold.fstab. Sebelumnya jangan lupa di pojok kanan atas ada tombol "Mount R/W", pencet tombol itu. Kalau sudah, baru pencet dan tahan file vold.fstab-nya lalu pilih Copy.

6. Pencet back lalu masuk ke folder /etc , PASTE file tadi kesitu. Kalau ada pertanyaan overwrite, di YES/Overwrite aja. Tapi kalau eror ga bisa overwrite, berarti hapus vold.fstab yang ada di folder /etc tsb, lalu paste vold.fstab yang di download tadi ke folder /etc tadi.
7. Set Permission file tsb dengan cara tekan dan tahan tombol vold.fstab, lalu pilih permissions. Kalau ada eror, keknya belum di MOUNT R/W, tinggal pencet lagi aja tombol Mount R/W-nya. Tapi kalau gada masalah ya tinggal ganti permission-nya jadi kaya gini:

Lalu klik OK, kalau uda, ganti lagi ke MOUNT R/O di pojok kanan atas. Berikutnya, ya restart HP saudara...

Hasilnya di setting - storage:

Ajaib kan... (biasa aja sih)
Mulai skarang baru deh BNH LP + Cow Kernel + Swapping menurut gue sih perfect... asal dipakai yg bener aja...

Terus gimana caranya kalau mau dibalikin lagi ke yang lama? Jadi ga swapping?
Jawabannya: Sama aja sih caranya... cuman vold.fstab yang dipakai pakainya yang ini: Original Vold.fstab atau ini

NOTES:
Untuk gadget lain (selain galaxy W) yang mau mencoba teknik ini, JANGAN menggunakan vold.fstab yang ada di blog ini ya... Tapi coba gunakan trik berikut:

Melalui root explorer, cari vold.fstab. Copy file tersebut untuk di backup (terserah mau dimana), lalu melalui pc atau text editor, edit vold.fstab tersebut, lalu cari bagian yang kurang lebih kaya gini:

#MTD-BSP-LC-uSD_and_eMMC_coexistence-00 *[
dev_mount ext_card /mnt/ext_card auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host
dev_mount sdcard /mnt/sdcard 16 /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0
#MTD-BSP-LC-uSD_and_eMMC_coexistence-00 *]

Kalian rubah tulisan ext_card jadi sdcard sedangkan yang tulisan sdcard jadi ext_card
Sehingga kurang lebih kaya gini:

#MTD-BSP-LC-uSD_and_eMMC_coexistence-00 *[
dev_mount ext_card /mnt/sdcard auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host
dev_mount sdcard /mnt/ext_card 16 /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0
#MTD-BSP-LC-uSD_and_eMMC_coexistence-00 *]
Save, copy lagi ke tempat vold.fstab yang sebenernya, lalu kasih permission seperti di atas. Semoga berhasil.


Oya, daripada link2sd, app2sd, dkk menurut gue cuman gini juga uda cukup kok... Selamat mencoba.

Original creator : here

102 comments:

  1. ini berlaku buat semua custom rom gak gan?ane pkai cwm 9

    ReplyDelete
  2. kalo di CM9 ga perlu beginian gan.. uda disediain di menu... tapi jangan tanya ane.. ane ga pake..

    ReplyDelete
  3. Gan, kalo sd card merk V-gen gmna? remomended ga? aku punya yang 32G.

    ReplyDelete
  4. @frandky
    kalau ga SDHC sangat ga direkomendasikan

    ReplyDelete
  5. kalo ganti sdcard nge swap lagi atau ngga usah gan?

    ReplyDelete
  6. gan , punya ane masalah , begitu ane restart , dia nggk mau masuk ke menu lagi, berhenti pas di boot animation, padahal ane sudah ikuti langkah2nya,,,jadi gimana cara penanganannya itu gan?? help me,,, please

    ReplyDelete
  7. gan ane pake vgen 8gb HC bisa kan???
    ane tatut salah,.,.

    ReplyDelete
  8. mas admin kalo v-gen class 8 gmn?
    beresiko gak kalo di swap?

    mohon dijawab yaa..blognya sangat membantu

    terima kasih :)

    ReplyDelete
  9. @bagas
    ga usah, cuma ati2 aja.. brati semua data sdcard lama harus diduplikat ke sdcard baru..

    @yosua
    flash ulang lg aja gan..

    @kiwz & dedy
    ga merekomendasikan vgen kl ane..

    ReplyDelete
  10. ane ikutin totorialnya malah bootlop hh ane :(

    ReplyDelete
  11. @wukuf
    kalau bootloop biasanya karena:
    1. gada sd card/sd card ga kebaca
    2. permission file salah
    3. salah tutor
    4. muka ente... LOL

    ReplyDelete
  12. kalau ngeupdate pake kies.. ini bakal balik kaya biasa apa nggak ?

    ReplyDelete
  13. @yusuf
    balik lg lah.. wing update kies = update official firmware... jd root ulang..

    ReplyDelete
  14. Ane nyobain slimbean ada juga swap sdcard'nya sama kya cm9

    ReplyDelete
  15. om,,superuser hh aku ga bisa gain acces root nih,,failed aj tiap d update..
    bisa tolongin cariin tutorial ny g??
    ane mumet nih,.,.

    thx.,.,

    ReplyDelete
  16. @adhie
    terus gue musti ubah judul blog ini dengan nama loe dan bilang WOW gitu??
    itu kan cusromnya beda bray... ini tutor buat tutor sebelumnya... read the post dude..

    @kiwZ
    main ke kaskus bray... gue belom bisa kasi tutor root.. karena di kaskus uda lengkap... gue kasi tutor yg di kaskus itu ga lengkap aja.. kaya cara instal cusrom, cwm, dll..

    ReplyDelete
  17. okeh om.,.,.
    mnuju tkp.,.,.,

    thx info na..,..

    ReplyDelete
  18. Min , ane mau tanya , kalau misal Qta nggak custom rom kayak postingan yg sebelum ny tapi kita mau Swaping ini memory SDCARD di jadiin internal sesuai petunjuk dari admin , kira2 bisa nggak , ato seblm swepping harus custom rom dulu .
    mohon bantuan ny min .

    ReplyDelete
  19. @febri
    bisa kok bro... slama uda rooting aja.... ga harus cusrom kok..

    ReplyDelete
  20. mas mau tanya dong? gw sudah mengikti petunjuk dari sampean. Dan hasilnya 100% berhasil tanpa kendala. Tetapi kok waktu gw Instal Game aga banyak System Storagenya kok full ya. (bukan USB storage, atau bukan sd card storage) di bacaan "system storage is getting low". Ada sarankah untuk mengatasi ini?

    ReplyDelete
  21. @prayogo
    Ada gan.. coba di cek dl swap-nya berhasilnya bener2 berhasil ga tu? Terus yg diinstall game apa aja?
    Satu lagi, swapping itu cuma nge-swap antara usb storage dengan micro sd... bukan nambah internal memory...
    Kalau misalnya kasusnya swap berhasil dan game yg diinstall berat2, kemungkinan memori internal penuh.. kalau mau pakai link2sd untuk bikin virtual memory..

    ReplyDelete
  22. Kl untuk galaxy ace 2 gmn gsn tutorialny...mhn bntuanny gan...tks

    ReplyDelete
  23. @dede
    meneketehe gan... bukan pengguna itu HH... kalau mau boleh dibeliin dl.. nanti ane oprekin...

    ReplyDelete
  24. Gan, ane mo coba swapping memory, tpi ane bakal start dari install clockworkmod ama custom rom baru ke swapping memory. hape ane khan udah byk aplikasi noh, ga ngaruh kah untuk ngikutin semua step-step dari agan, ato ada aplikasi yang hrus di uninstall dulu?

    ReplyDelete
  25. @benny
    aplikasi bakalan ga jalan smua... lagian waktu lo install cusrom pasti ilang kan aplikasinya.. karna bakalan di wipe all dulu... klo uda wipe all ya otomatis bersih.. terus sd card juga diformat dl.. intinya supaya gada problem mendingan swap itu dari awal aja bener2 bersih.. jadi nyaman ke belakangnya (selama sd card High class)

    ReplyDelete
  26. oiya gan.. oke deh ane coba aja dulu dah.. lagian kyaknya ane jga masih ada apk semua aplikasinya :)
    mohon doa restunya ya gan.. (baidewe ane ga suka teh ato kopi, bole ganti pake susu ga ya?)

    ReplyDelete
  27. @benny
    Boleh kok gan.. mau diganti baygon juga bisa.. :D

    ReplyDelete
  28. Lapor gan.. Misi ane Custom ROM ama Swapping Memory berjalan dgn sukses.. Maknyozz top markotop dah!
    Oiya tpi kdg keyboard error gtu ga mau keluar ketikannya jdi ane biasanya hrus reboot ato clear RAM dulu di task manager, mohon petunjuknya..
    Berarti skrg ga bole pke semacam Fast Reboot ato RAM Booster, ato semacamnya ya gan?

    ReplyDelete
  29. @benny
    keyboard ganti aja sama smartkeyboard pro...
    boleh kok.. silahkan

    ReplyDelete
  30. Sudah ane coba gan, tapi tetep ga mau juga, ada cara ngatasin masalah ini?

    ReplyDelete
  31. @benny
    coba keyboardnya di stop, clear data, clear cache..

    ReplyDelete
  32. Gan, klo ane mau ulang process custom rom bisa? harus swapping balik memory dulu kah?

    ReplyDelete
  33. @benny
    ga perlu... kan waktu mau instal ni cusrom wipe all dulu... itu uda otomatis ke unswap

    ReplyDelete
  34. bang, klo mw balikin byar ga swapping lg, ap prlu d format lg sd card ny? ato cman masukin vold.fstab ny doank??

    ReplyDelete
  35. @wisnu
    ga perlu.. tingal pindah
    tp gue sarankan sih diformat lg dr awal.. karena biasanya kl uda terlanjur install banyak app bakalan pada gak jalan tuh

    ReplyDelete
  36. Gan ane kan udah berhasil swap memory, nah aneh nya kalo misal ane install aplikasi knp yg berkurang itu "System storeage"? yg "USB storage" sama "SD card" ga berkurang size nya.

    mohon perncerahannya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @irfan
      System pasti berkurang... tujuan swap lebih ke arah copy data game ke sd card... kalau game HD gitu kan datanya biasa ampe 2GB, ga mungkin masuk ke sd card, jadi ya diakalin dengan swap ini.. bukan berarti system storage ga kepakai.. yg dituker itu usb storage dgn sd card, bukan sd card dengan system storage

      Delete
  37. Mas Vander... saya udah menajalan tutor BNH LP ama CWM dan lancar2 saja... kemudian di tutor swap memori ini ada pertanyaan mudahan bisa dijawab :
    1. jika microSD sudah FAT32, namun ada datanya didalamnya dari dulu apa perlu diformat ulang ?
    2. nah pada saat menghubungkan HH ke PC kan ad 2 storage. yg satu size nya 1.7GB dan satu lagi 16GB(microSD). apa keduanya harus diformat ?
    3. saya udah BNH LP ama CWM...trus di swap gni gpp kah ? ato hrus swap dlu...? trims...

    -impelentasi itu mahal, namun sepadan...-

    ReplyDelete
    Replies
    1. @madhan
      1. perlu
      2. format
      3. gpp

      kenapa diformat? supaya ente ga pusing aja antar storage dan biar fresh aja..

      Delete
  38. errr... gak jadi mas. ternyata bisa swap juga mesti dengan kondisi diatas. cmn jdi confuse ketuker2 drivenya jdi butuh ketelitian hehehe.
    trus main game juga msih lag2. game kingdoms and lords. tpi bisa diakali dengan ram expander(download dari link gratisan).
    AHaha trims Mas Vander, postingan blognya sungguh2 sangat menantang dan membantu makin keren aj nih GalaW ku hehehe...
    by the way AOM itu apa ya ?

    -Impelentasi IT itu mahal, namun sepadan-

    ReplyDelete
    Replies
    1. @madhan
      AMO itu autokiller memory optimizer... ada di tutor web ini juga kok... cari aja di blog archive..

      Delete
  39. permisi, mw nanya lg.
    bang, gw kan mw balikin memori byar ga swapping lg, nah pas pengen format memori kata ny memori gw d protect, copy ama delete file jg kagak bisa. ini pengaruh swapping sblomnya ato bukan?

    ReplyDelete
  40. lewat laptop,gw pake card reader koq

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wisnu
      unswap dl aja.. baru format..

      Delete
    2. masalah ny nama vold.fstab sblom ny ama yg origin sama, jd ga bisa d replace. gw coba ganti nama yg origin, kata ny bisa ngrubah fungsi file.

      Delete
    3. @wisnu
      bisa replace itu harusnya.. uda mount R/W kan?

      Delete
    4. lah, itu kan lwat root explorer yg ad mount r/w.
      gw kan copy file ny dr laptop bang, masukin file original vold.fstab k memori card aj kagak bisa, gmn gw replace lwat root explor

      Delete
    5. @wisnu
      Jiah.. pantesan...
      gini..
      dari komputer, original vold itu dikopi ke sd card atau kemana.. taro di root aja..
      terus buka rootex, copy alias timpa vold sebelomnya dengan orig vold yg skarang.. namanya jgn lupa direname jadi vold lg... bukan orig vold..

      Delete
    6. owh,,klo copy ny k hp lngsung pake usb bisa ngopy,
      klo memory ny card d lepas, ngopy lwat card reader ga bisa..
      ty ya bang, maap ngrepotin

      Delete
  41. gan kalo sandisk ultra 16gb class 10 bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @candra
      bisa kok.. tp kan mahal itu.. hahaha...

      Delete
    2. ane beli 150rb doang kok :p

      Delete
    3. @candra
      16GB class 10 ane beli cuma 100rb merk team.. wkakawkawkaw...

      Delete
    4. di posisi ane gak ada yg jual team gan
      adanya transcend dan harganya lebih mahal dari sandisk :hammer

      Delete
    5. @candra
      set dah... transcend murah pdhl.. lebih murah dari team kl d bandung... :D

      Delete
    6. oh agan bandung, ane bali gan :D
      oya untuk swap memory ini resikonya apa ya gan? memperpendek umur memory kah?
      kalo mau update cusrom harus swap ulang nantinya?

      Delete
    7. @candra
      iye gan.. asli jakarta, orang bandung, tinggal di bogor... (rofl)
      resikonya keknya ga pernah nemu tu...
      Update cusrom maksudnya? CWG ga pernah update lg kok.. BNH juga.. soalnya rata2 uda ke cusrom ICS..

      Delete
    8. ane pakek cusrom one of a kind gan
      gimana gan?
      cusrom yg agan sebutin di atas cocok buat ngegame gak?

      Delete
    9. @candra
      keknya ga cocok... soalnya lebih fokus irit batre sbenernya.. untuk game HD kalau uda lebih dari 2 atau 3 dijamin sedikit berat... apalagi klo banyak social app berjalan..

      Delete
    10. jadi kesimpulannya ane perlu swap ulang gak kalo mau update cusrom yg ane pakek?

      Delete
    11. @candra
      klo cuma update harusnya nggak kok..
      klo ganti baru de swap ulang... (kalo si cusromnya belom swap)

      Delete
    12. oh makasi gan :D

      oya kalo di CWM recovery yg kedetek sebagai external jadi gimana gan?

      Delete
  42. gan bisa buat tab gt p3110, ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @safroni
      ga nyoba.. kl mau cobain aja oprek vold.fstab-nya.. bukan pake vold.fstab yg ada di web ini ya.. tp oprek file-nya
      menggunakan root explorer coba cari bagian ini:

      #MTD-BSP-LC-uSD_and_eMMC_coexistence-00 *[
      dev_mount ext_card /mnt/ext_card auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host
      dev_mount sdcard /mnt/sdcard 16 /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0
      #MTD-BSP-LC-uSD_and_eMMC_coexistence-00 *]

      terus ganti tulisan ext_card jadi sdcard dan sdcard jadi ext_card, sehingga hasilnya jadi gini:

      #MTD-BSP-LC-uSD_and_eMMC_coexistence-00 *[
      dev_mount ext_card /mnt/sdcard auto /devices/platform/msm_sdcc.1/mmc_host
      dev_mount sdcard /mnt/ext_card 16 /devices/platform/msm_sdcc.3/mmc_host/mmc0
      #MTD-BSP-LC-uSD_and_eMMC_coexistence-00 *]

      terakhir, samain permission-nya kaya di atas

      restart dah..

      kalo bisa kabarin ye

      Delete
  43. gan, ane tertarik sama artikel" agan yg "custom rom terbaik" dan juga arikel ini, btw, agan punya tutor atau link tutor seperti artikel ini ga untuk Galaxy S Advance? ane juga mau lakuin hal yg sama untuk Gal S Adv pacar ane. thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @manggala
      Wah, belom pernah punya.. kalo ga keberatan boleh kok beliin HP-nya, tar dioprekin.. :D

      Delete
  44. Haha.. enak d agan dong kalo ane beliin??
    Btw,, ane udah coba trik ini dan berhasil d wonder ane, yg mo ane tanyain,tiap ane instal (games/apps), ttp mesti d move to sdcard atau ga? Berarti penyimpanan nya skrg cm 2gb (actually 1,7gb) ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @manggala
      ga perlu gan kl ane sih.. uda ckup..

      Delete
  45. gan, kalo buat lg optimus l3 bisa gak yg itu gan? kok daritadi udah ane coba tapi gagal melulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kharis
      kalo ga bisa2 brati ga bisa spertinya gan... coba main ke forum optimus aja gan..

      Delete
    2. file rootex nya g bs d download gan

      Delete
    3. @olink
      masi bisa tu gan..

      Delete
  46. Anonymous26/4/13 13:57

    eh gan gw tuh pake vgen kira2 ga apa2??
    class 10 16gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kimul
      antara aman dan ga aman sih gan.. :D
      ane pernah pakai vgen cuma kuat 8 bulanan.. udahnya ga pernah kebaca.. tp ini jaman dulu sih.. jaman pake android lain..

      Delete
  47. Kalo buat galaxy s3 mini bisa gak

    ReplyDelete
  48. Gan ane dah ikutin tutornya tp kok di info penyimpanan kartu sd masih 1Gb tp di pengelola tgas udah jd 8 GB. itu sebenrnya udah berhasil SWAP belum gan ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zia
      lah, iya dong uda bener... sd card dari 8GB jadi 1Gb, sedangkan memory dari 1GB jadi 8GB..

      Delete
  49. Replies
    1. galaxy w agan itu pake rom ori apa custom ??

      Delete
    2. @maz
      waktu percobaan ini sih cusrom... kalo skarang pake stock rom.. sama aja sih..

      Delete
  50. gan klo sd card vgen 16gb class 8 bisa tdak ?

    ReplyDelete
  51. Ane sbnr nya kagak ngrti tntang memory,, yg ane tau stkat ini SanDisk pilihan trbaik ane,, klw yg lbih baik dri SanDisk apa min?!
    Knpa sih msti diROOT dlu,, emg klo gk diROOT bisa fatal ea?! Punya ane GalMin 2 & LH F817 pengen ngROOT tpi gk pnya leptop,, udh nyoba ngROOT tnpa PC diRECOVERY tpi gagal,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @alie
      percuma kl sandisknya sandiks KW.. hehe..
      kalo ga di root gimana bisa install root explorer??
      rooting untuk galmin ane ga tau... kalau mau beliin ane galmin, tar ane cari tau cara gampang root nya

      Delete
  52. om admin.,
    kalau aplikasi sudah di pindah di sd card., terus mau pake cara yang diatas., apa aplikasinya harus dipindah di memory internal dulu.???
    tolong pencerahannya ya min...

    makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @maeda
      baca lg aja dari atas.. hehe...
      syaratnya : harus FRESH

      Delete
  53. Gan ane dah coba cara agan swap sdnya di sony xperia j cew ane,tp cew ane g trima brg ksayangannya di oprek2 trus dia mnta balikin kesemula,pas gw ikutin step balikinnya eh malah sdcardnya g kebaca trus pas ane msuk ke seteln/penympanan trus keluar tulisan"sayangnya setelan penyimpanan berhenti"dc alias balik ke homescreen,jd gmana cara balikinnya secara hh cew ane masih ics,klo ane upgrade ke official jellybean bakal normal g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @fourth
      buat pacar kok coba2 gan.. hahahaha...
      flashing aja... atau itu bener upgrade ke official JB.. normal lg kok..

      Delete
  54. gan aplikasi kok ilang gg bisa d download

    ReplyDelete
  55. Gan, kalau galaxy wonder aku cuma di root doank(ga instal cusrom & cwm,masih os orinya 2.3.6) bisa ga swap memori kaya tutor diatas? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tyan
      gpp.. yg penting uda root dan masih fresh

      Delete
  56. untuk tablet cina jelly bean bisa dibantu editnya mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @murdika
      sama aja kok caranya... DWYOR

      Delete
  57. gan kalo ane abis ganti rom kok sdcardnya gak kebaca ya posisi rom miui,
    tpi kata temen ane disuruh meperbaiki voldnya itu knpa ya bro bisa bantu gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen ente bener... benerin lagi vold.fstab nya.. kalau ga bisa, cara cepetnya ya flashing lagi..

      Delete