Pages

Tuesday, March 26, 2013

Bisnis Online Pakaian, Murah Tapi Ga Murahan, Untungnya Kecil Tapi Banyak!! Ga Rugi Pasti!


Hilo holi.... Kali ini postingan sedikit berbeda...
Saat ini seperti yang kita ketahui, online shop itu cukup berkembang pesat. Bisa dibilang ini bisnis tanpa modal atau membutuhkan modal yang ga begitu besar, tapi untungnya cukup oke. Well, buat mahasiswa peluang usaha kaya gini bisa sambil bayar biaya kuliah, duit jajan, dan duit sehari-hari loh. Jangan remehin bisnis online.

Gue mau share mengenai bisnis online mengenai pakaian. Kenapa pakaian? Menurut gue pakaian itu bisnis yang kemungkinan matinya kecil. Bayangin aja kalau ga ada pakaian lu mau keluar rumah bugil? Buat cowo sih ga masalah, tapi buat cewek kayaknya ga mungkin deh. Itulah sebabnya, bisnis online pakaian gue, target utamanya adalah wanita alias cewek.

Modal bisnis online itu gampang kok, cuman internet, smartphone atau blackberry, pulsa, dan keinginan untuk sukses. Gampang kan?

Bisnis ini diawali dari kakak perempuan pertama gue, uda ngejalanin dari taun 2011 kalo ga salah.. Awalnya kecil-kecilan aja, sistemnya masih dropship, pre order... Dropship itu apa?

Well, pengertian dropship kurang lebih gini:  lu jualin barang dari supplier, tapi lu ga simpen tu barang, nantinya supplier yang kirim ke konsumen lu. Sehingga kurang lebih proses begini:
Supplier punya barang -> Lu jualin -> konsumen transfer atau beli -> Lu transfer dan beli ke supplier -> supplier konfirmasi barang ada -> Lu kasih alamat sama nama pengirim dan penerima -> supplier kirim deh ke konsumen lu
Metode ini murni ga ngeluarin duit sepeserpun.. Cuma keluarin pulsa atau kalau BBM atau chatting lainnya malah gratis brati kan, termasuk biaya bulanan lu soalnya. Keuntungannya : lu ga cape-cape harus bungkus/packing, anter ke JNE, ngurusin bayaran, dll. Kerugiannya : harganya ga bakalan lebih murah dibanding stok barang sendiri. Kerugian lain, karena resi pengiriman ga lu pegang, kadang suka repot pas ada konsumen lu nanya resi dan supplier ga bales2... Itu kedaan paling ga enak memang...

Berikutnya, pengertian pre-order. Pre-order itu sendiri ada banyak macemnya, gue kasih contoh 2 jenis. Pre-order menurut waktu, atau pre-order menurut kuota. Pre-order menurut waktu tuh jadi gini, kita punya barang, misal barang A, nah.. barang A ini bakal jadi 2 minggu lagi, nah.. jadi pre-order maksimal sampai barang A ini jadi... So, konsumen masih bisa mesen selama barang A belom jadi.
Sedangkan pre-order menurut kuota, barang A misalnya nunggu sampai ada 20 buyer, baru dibikin atau dikirim.. Yang kaya gini biasanya tas/jaket/baju komunitas.. Baju perorangan jarang kayaknya.

Sistem pre-order juga sama, ga butuh modal kok... Cuma pulsa/internet.
Kelebihan dan kekurangannya hampir sama kaya dropship kok. Cuma bedanya ini makan waktu biasanya kalo pemasarannya ga kuat.

Lalu trik apalagi? Tentu aja trik jadi supplier itu sendiri. Yaitu kita keep barang/stock barang dari tangan pertama lalu kita jualin layaknya supplier. Entah itu masukin barang  ke toko atau jualin online shop berdiri sendiri. Keuntungannya apa? Tentu barang jauh lebih murah karena biasanya beli per seri (satu seri). Maksudnya per seri gini, baju A biasanya ada 1 seri, warna ijo, kuning, hitam, merah. Nah, 4pcs baju ini dengan model A disebut 1 seri. Biasanya harganya jauh lebih murah. Misalnya beli 1pcs itu 40rb, beli 1 seri bisa sekitar 30-35rb/pcs, jadi untungnya lebih banyak dibanding dropship dan pre-order. Bahkan kalau teknik pemasarannya bagus, bisa meraup banyak keuntungan.

Kembali ke cerita gue sebelumnya, jadi gue di bagian apa? Well, kebeneran saat ini uda di posisi supplier, hehe... Tapi kakak gue ga langsung ke posisi ini loh... Tetep awalnya dari sistem dropship dan pre-order (PO). Nantinya sedikit demi sedikit kan dapet untung tuh... Nah, untung inilah yang dijadikan modal usaha untuk menjadi supplier. Bisnis pakaian seperti ini sebenernya mirip loh sama MLM, jadi gue jual baju ke lu, lu jual lagi ke konsumen, konsumen jual lagi ke orang lain. Nah, gue, lu, konsumen lu, dapet deh duit.
Bisnis kaya gini menyenangkan dibanding MLM ga jelas soal obat atau apapun itu, apalagi biasanya MLM lain butuh setor duit dulu. Masa mulai usaha uda harus buang-buang duit? Kalau usaha besar sih oke... Nah ini cuma online shop kayaknya untuk belajar ga perlu pakai duit.. Betul ga? Jadi bisa dimulai dari tanpa modal dan nantinya bermodal.

So, buat semua orang yang baca, gada salahnya kok nyoba untuk jadi seorang pedagang online. Keuntungan yang diraih awal-awal kecil (gue sendiri berkisar 300-500rb) tapi lama bisa jutaan, selama kalian punya semangat buat ngejar target tersebut.

Dan buat yang gatau nih mau beli ke supplier mana, silahkan klik gambar/iklan di bawah ini dan bersiaplah untuk menjadi seorang online shoppers yang sukses.

Pesan terakhir dari gue : jangan mencari untung besar, misalnya beli baju 50rb dijual lagi 100rb, itu sih keterlaluan. Mendingan untung kecil tapi banyak yang beli. Jual satuan ini baju emang ga kerasa, tapi coba deh kalo dalam sebulan lu bisa lakuin lebih dari 100 baju. Yang berarti sekitar 3-4 baju per hari doang... Salah satu konsumen gue yang baru join aja bisa lakuin 10 baju per hari, jadi kapan lu nyusul?

0 komentar:

Post a Comment