Pages

Friday, April 12, 2013

Memaksimalkan Penggunaan Android dalam Aktifitas Sehari-hari

Maximize Android usage for daily use



Hmm.. saat ini saya akan menggunakan bahasa formal, supaya kalau diterjemahkan melalui google translate, orang asing bisa baca.

Tutorial kali ini lebih ke arah memaksimalkan android yang biasa digunakan hanya untuk sms/telepon/facebook/twitter/game. Sebenarnya Android punya banyak aplikasi dan fitur yang sangat berguna dalam mendukung aktifitas kita sehari-hari.

Segala macam aplikasi ini sudah diracik sedemikian rupa sebagai aplikasi pendukung kegiatan sehar-hari saya, jadi kalau ada yang tidak penting, silahkan tidak di-install.

Oke, mulai dari pagi, setiap kali bangun pagi, saya sih tidak bisa bangun sendiri layaknya Ibu saya. Jadi saya membutuhkan sebuah alarm. Tapi alarm biasa menurut saya tidak akan mempan, karena bisa menggunakan fitur snooze atau cukup matikan dan tidur lagi, jadi saya butuh alarm super untuk membangunkan saya, jadi saya gunakan aplikasi bernama "Alarm Clock Plus"
Penggunaannya sangat sederhana, cukup buka aplikasinya, tekan tombol/icon jam, lalu add alarm, lalu set jam berapa, jangan lupa untuk ceklis "Turn alarm on". NAH, fitur paling penting, coba deh centang bagian "Math for dismiss", lalu setting Math Dificulty ke paling tinggi atau sedikit tinggi. Coba tekan test alarm. kalau semua sudah oke, tinggal tekan tombol DONE. Jadi setiap kamu bangun tidur harus menyelesaikan soal matematika dulu baru mati alarmnya.

Selesai bangun pagi, mandi, lalu sarapan. Selagi sarapan nikmatnya itu sambil baca koran atau berita atau hasil pertandingan sepakbola yang tidak tertonton kemarin malam. Jadi butuh aplikasi LiveScore, detik.com, dan Kompas.com
Selesai sarapan, saya siap-siap berangkat bekerja. Sebelum berkendara, mari aktifkan HP ke dalam mode flight. Hal ini agar kita tidak menelepon/sms/memainkan HP kita ketika berkendara. Terlalu bahaya untuk melakukan hal ini di jalan. Data survey membuktikan kelalaian pengendara yang membuahkan kecelakaan diakibatkan dari penggunaan gadget ketika berkendara. Konsentrasi pada jalan berkurang dan akhirnya.... CRASH....

Oke, lanjut lagi ketika tiba di kantor, saya cek jadwal saya hari ini dengan aplikasi bawaan Android bernama CALENDAR. Aplikasi super simple ini sebenarnya sangat berguna, untuk mencatat janji hari ini, ulang tahun pacar (gawat 'kan kalau lupa, nanti diputusin), dan berbagai hal penting lainnya. Setelah cek kalendar, saya buka aplikasi MEMO (bawaan Android juga). Saya simpan berbagai catatan penting (rekening orang buat dibayar, tagihan, catatan penting yang belum sempat dipindah ke calendar ataupun word).

Selesai merapihkan memo dan kalender, saya lanjut kerja di kantor. Terkadang harus menemui client di luar kantor, berarti waktunya aplikasi Office bekerja. Jadi mari install juga aplikasi bernama Kingsoft Office. Cara pakainya sama kaya office lain kok.

Oke, sudah siang, tentu waktunya makan siang. Bingung mau makan dimana? Mari install 2 aplikasi yang cukup hebat dalam mencari tempat makan terdekat yaitu: Makan Dimana dan OpenRice ID. Untuk OpenRice, bisa cari sesuai negara kalian ya. Cara pakainya mudah, biasanya saya cukup tekan Nearby (tempat terdekat), nantinya ada rekomendasi tempat makan. Bisa juga dengan searching tempat makan sesuai keinginan. Misalnya mau bakso/nasi goreng/dll.

Selesai makan siang waktunya kerja lagi. Karena saya bekerja sering menghitung dan memerlukan bahasa lain di luar Indonesia, maka saya butuh 2 aplikasi penting yaitu RealCalc dan Google Translate. RealCalc merupakan kalkulator scientific dengan banyak fungsi yang sudah disertakan, sehingga aplikasi ini sangat menunjang kinerja saya.

Sore sebelum pulang kantor ada bagusnya cek jalanan macet atau tidak. Jadi saya gunakan aplikasi LewatMana dan TMC Polda Metro. Untuk kalian yang tinggal di luar Indonesia bisa coba gunakan Waze

Nah, kalau pulang kerja saya tidak mengaktifkan fitur flight mode, karena aplikasi LewatMana dan TMC Polda Metro membutuhkan koneksi internet. Tapi tetap kalian harus waspada ya, jangan sms/telelpon/chatting/dll. Cukup fokus sama jalan dan pantauan dari aplikasi.

Selama di jalan atau dimanapun kamu berada tentu terkadang terjadi hal yang tidak diinginkan, entah itu pada diri kamu sendiri ataupun orang lain. Misalnya kita lagi jalan-jalan tiba-tiba ada orang terjatuh dari lantai 12. Langkah pertama yang harus kamu lakukan itu bukan foto/potret mayatnya ya. Tapi lapor ke polisi dan panggil ambulan segera. Nomor teleponnya berapa? Install aplikasi NomorPenting. Lalu cari berdasarkan kota kamu berada. Aplikasi ini juga penting ketika misalnya kamu ingin memesan taksi tapi tidak tahu nomor perusahaan taksi tersebut.

Oke, tiba di rumah baru waktunya santai, chatting dengan menggunakan Line, Whatsapp, atau WeChat atau lainnya. Untuk yang mempunya pekerjaan bisnis online sampingan seperti saya bisa download aplikasi JNE (seller online pasti tau JNE itu apa kan? Butuh price list? Cukup menggunakan aplikasi ini). Bisa cek tarif, bisa juga cek no resi alias airways bill.

Tiba-tiba mati lampu? Jangan khawatir, install aplikasi Color Flashlight. Tanpa flash kamera belakang pun tidak masalah karena aplikasi ini bisa 2 sisi, sisi depan menggunakan layar dengan background putih sehingga cukup terang, sedangkan jika kamera kamu dilengkapi flash maka bagian belakang dengan menggunakan lampu flash. Lalu untuk apa? Cari lilin dong, lalu nyalakan lilin, matikan aplikasi tadi. Boros baterai soalnya.

Sebelum tidur mari sedikit beriman, bisa baca Alkitab atau Al-Quran atau Tripitaka (kitab lainnya belum saya temui)

Nah, selesai deh. Kurang lebih itu aplikasi yang sering saya gunakan sehari-hari, dan semua aplikasi itu tidak berat dan tidak memakan banyak memori dan tidak membutuhkan akses root, jadi aman terkendali. Baterai pun cukup irit untuk membuka aplikasi-aplikasi ini.

Untuk pembaca yang malas mendownload satu satu, saya sediakan 1 paket aplikasi tersebut. Silahkan download disini atau disini
Jika butuh password silahkan isi: lilololi.com

Oya, ada beberapa aplikasi yang mungkin bisa dipakai untuk penunjang kamu seperti Pages Manager Facebook (untuk yang punya usaha online di pages FB)
Untuk mendukung email Yahoo, silahkan install Yahoo Mail (disertakan di RAR).
Oke, mungkin segitu dulu saja hari ini. Jika ada yang mau menambahkan silahkan. Saya tidak keberatan untuk edit blog ini lagi. Enjoy it!

1 comment: