Pages

Friday, May 3, 2013

Freeze / Uninstall Aplikasi bawaan ROM Android (Samsung, Sony, dll.) dengan Titanium Backup






Freeze Aplikasi bawaan ROM Android. Apaan sih itu? Simpelnya sih ceritanya gini. Mungkin Lo semua pernah nyadar ketika masuk ke bagian settings - memory, terus liat free RAM tiba2 tinggal dikit padahal gada aplikasi berjalan. Panik ga tuh? Kadang HH jadi lemot, mau buka apa susah... Mau liat apa susah.. Mau sms susah... Telepon susah.. Ngeselin kan ya?

Memang ada aplikasi sejenis RAM booster atau pernah gue share juga tutorial AMO yang bisa bikin free ram selalu lowong. Tapi resikonya itu bikin baterai cepet abis.. Lalu ada cara lain ga? Tentu ada, yaitu freeze/uninstall aplikasi bawaan rom.

RAM kepenuhan/sesek kadang disebabkan karena aplikasi-aplikasi bawaan dari ROM android yang berjalan secara background (tidak disadari dan jalan otomatis meskipun sudah di close). Nah, mungkin ada beberapa aplikasi yang berguna, tapi kan ga semua orang butuh itu aplikasi macem-macem. Jadi kita coba freeze/uninstall aplikasi yang menurut kita ga dibutuhin sama kita. Oya, kenapa freeze? Karena kalau freeze itu aplikasi ga dihapus, hanya seperti dibekukan (diam tak bergerak dan tak hidup alias mati enggan hidup tak bisa). Berarti suatu hari jika kita membutuhkan aplikasi tsb, ya tinggal defrost. Tapi kalau uninstall sih bener-bener hilang. So, buat gue lebih aman freeze daripada uninstall.. Tapi terserah lo juga sih..

Ok, mulai dari tahap awal dulu, siapin bahan yang diperlukan:
1. Niat dan kesabaran.. Serta mengerti arti DWYOR
2. Rooted Phone (dalam hal ini Galaxy W I8150, ente pake HP lain bisa, DWYOR)
3. Aplikasi Titanium Backup Pro (Donate Ver.) 6.0.1 - download disini (password: lilololi.com)
4. Kopi/Teh/Susu buat nemenin.

Pertama, install dulu aplikasi Titanium Backup-nya. kalau sudah, coba dibuka aplikasinya. Nanti dia nanya superuser right, pilih Allow dan jangan lupa centang Remember (supaya ga nanya-nanya lagi), berikutnya ada notif aneh-aneh, antepin aja, klik ok.



Kedua, pencet tombol menu di HP sehingga muncul beginian:



Ketiga, pilih Batch Actions

Keempat, scroll ke bawah, ada menu Freeze / Defrost



Pencet RUN pada pilihan pertama : "Freeze all user & system apps (USE FILTER & EXTREME CAUTION)



Lalu pilih unselect all (supaya ga tercentang semua, toh ga mungkin freeze semua, karena jangan sembarangan nge-freeze aplikasi, bisa-bisa ga jalan HP lo.
Untuk melihat daftar aplikasi bawaan ROM yang bisa di-freeze coba cek kemari
Dan tolong dibaca baek-baek aplikasinya yang tulisan CAUTION. Dan jangan coba-coba freeze app yang tulisan NO karena alamat kacau HH lo, kecuali emang ngerti.

Dalam kasus gue, contohnya gue mau freeze app berikut:



Kalau uda selesai milih, silahkan klik RUN di kiri atas, lalu tunggu loading-nya sampai beres. Jangan melakukan aktifitas apapun ketika loading ini berjalan. kalau memang agak lama antepin aja. kadang suka agak lama memang. Kalau uda selesai, nanti di notification bar ada tulisan "Batch Freeze Finished" itu menandakan freeze aplikasi telah selesai.



Tahap berikutnya adalah : restart HH, lalu ketika sudah nyala coba pakai seperti biasa, apakah masih lag seperti dulu? atau tidak?

Selamat mencoba..

2 comments:

  1. kalo terlanjur ke freeze semua gimana balikinnya gan? gabisa nyala nih hp restart mulu
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa masuk recovery mode ga? kalau bisa tinggal di system restore.. alias format ulang... kalau ga bisa ya paling install ulang OS nya..

      Delete