Pages

Wednesday, July 17, 2013

Cara Install Jelly Bean Galaxy W GT-I8150 (Custom ROM Cyanogenmod 10 Final Release)



Aloha... Setelah kurang lebih 1 minggu menggunakan cusrom CM10 Finale (Jelly Bean) gue baru bisa kasih review dan cara instalasinya.

Hal pertama yang akan gue bahas adalah cara instalasi cusrom ini. Caranya cukup panjang, tapi ga begitu rumit kok. Selama lo ga males baca dijamin gakan nemu masalah apa-apa pada cusrom ini.


Untuk pengguna GalaW yang sudah baseband XXLM8, langsung loncat ke langkah nomor 3 (kalau belom punya CWM) atau nomor 4 (kalau sudah install CWM). Kalau ga yakin, langsung aja babat dari langkah 1.


Tolong perhatikan, ini merupakan proses ADVANCED, dari kasus-kasus sebelumnya sehingga gue anggap kalian tau cara masuk CWM, install ulang ROM, dll. Kalau ga ngerti, gue uda sertakan link di tiap stepnya untuk liat ke artikel-artikel gue yang lama. Selalu ingat juga DWYOR.

Sebelum melakukan proses berikut, ada baiknya backup dulu aplikasi dengan menggunakan aplikasi appsaver. Dan barangkali mau backup contact, silahkan di export ke sdcard dulu... Atau mau backup sms juga bisa dengan aplikasi sms backup & restore yang ada di playstore.


File yang dibutuhkan untuk instalasi ROM:

1. Cusrom CM10 Finale - disini - atau disini (lokal)
2. Gapps Upgrader - disini - atau disini (lokal)
3. Picassa Upgrader - disini - atau disini (lokal) --> Boleh tidak dipakai kalau tidak memakai fitur picassa


Instalasi

1. Pertama, lakukan FULL WIPE seperti pada artikel disini. Tentunya diharuskan menggunakan CWM (Clockworkmod) agar bersih banget proses wipe-nya. Bahkan kalau bisa wipe sampai di bagian advanced-nya.
2. Instalasi ROM baseband XXLM8 seperti disini. CUKUP langkah instalasinya aja, kan wipenya uda di langkah no. 1.
3. Selesai instalasi ROM XXLM8, mari install kembali CWM (CWM sebelomnya hilang karena flashing stock rom). Selesai install, lakukan wipe lagi seperti proses pertama.
4. Selesai CWM terinstall dan wipe, download file-file yang dibutuhkan, copy ke sdcard
5. Masuk CWM, lalu pilih install zip from external sdcard.
6. Locate File cusrom-nya : cm-10-20130605-UNOFFICIAL-ancora.zip
7. Kalau sudah selesai, install zip lagi, lalu pilih gapps uprgade (HARUS/WAJIB) : gapps-jb-20121011-signed.zip
8. Kalau sudah selesai, hal ini opsional, yaitu update picassa, sama seperti no. 7, locate file: gapps-jb-picasa-20121011-signed.zip (gue sendiri sih ga pake ini update, karena ga pakai dan ga butuh picassa)
9. Restart system (reboot)
10. Tunggu sampai masuk ke system (est: 2-4 menit)
11. Fa.. la... Lo baru aja menginstall Jelly Bean di Galaxy W lo...

Perlu diperhatikan: Jangan sekali-kali restore dari Titanium Backup atau apapun selain SMS Backup Restore. Seluruh aplikasi, install lagi dari appsaver. Untuk data game dsb silahkan relakan hilang aja...

Mungkin ada yg bingung kenapa ada install xxlm8 di langkah kedua, hal itu untuk antisipasi karena baseband paling stabil menurut ane saat ini adalah baseband tersebut.

So, gimana review menggunakan ROM JB ini?


REVIEW

Baterai
Untuk batre, menurut gue sih cukup irit ya, karena gue bukan penggemar nge-game di HP... Kurang lebih aktif sampai 36 jam kurang lebih dengan kondisi wi-fi always on, chatting, socmed, dan browsing2 serta full animation. Untuk ini gue pikir uda awet banget ya, bahkan cocok buat kebutuhan gue sehari-hari

Performa
Sangat oke. Ga pernah ngelag ketika digunakan untuk buka memo, buka app, sampai dengerin lagu pun tetep nikmat, ga pernah ada lag atau pause tiba2.

Application
Menurut gue sih masih ada app yg perlu dibuang, seperti calculator bawaan dan news & weather. Tapi karena ini JB, cukup disable aja di manage app. Terus untuk apolo gue masih kurang nyaman sebagai music player, jadi gue install app music lain. Sebetulnya enak pakai apolo + DSP manager... tapi agak pusing gue.. (yang ternyata baru sadar, playernya tuh ada di status bar)

Keyboard
Sumpah, gak nyaman banget pake keyboard bawaan (AOSP), tombolnya kekecilan buat jari gue yg besar, ditambah fasilitas autotext yg bikin nyengir pas lagi chatting.. mau ngetik apa munculnya apa (bisa di disable kok di setting). Saran gue: Install smartkeyboard aja...

Annoyance
Annoyance yang disebut2 pada thread CM10 di XDA kerasa banget, memang ketika kita jepret foto, hasilnya warna ijo, tapi pas kita preview ga kok, hasilnya normal.. anggep aja itu pake infra red...
[Update November 2013] TAPI Good News, setelah menunggu lama, muncul cara untuk menghilangkan bug kamera hijau tersebut, silahkan lihat disini untuk tutorialnya
Berikutnya adalah ketika panoroama shoot, itu bener2 ruksak tampilannya di kamera ane, meski hasilnya biasa aja (normal).. tp hal ini ga terlalu gue masalahin, ngapain juga pake panorama shot.
Gak ada radio, jadi musti install radio sendiri yaitu: spirit FM

Plus
Gue pribadi seneng sama launcher, toggle widget, statusbar, battery life, developer settings. Tapi yg paling menakjubkan adalah penggunaan tombol power untuk jepret kamera.. menurut gue ini fitur yg paling gue tunggu pada HP GalW.. soalnya kalau mau motret narsis bareng temen2 gitu repot banget cari tombol 'shoot' si kamera yg di layar... Gigi ampe kering ngeraba2 tu tombol ada dimana..

Minus
Icon contact di launcher suka ilang sendiri kalau abis install aplikasi, jadi drag lagi dari app drawer...
Terus file explorer bawaan ga bisa detek sd card gue.. gatau kenapa, jadi gue pake file exp lainnya yaitu ASTRO
Lalu di rumah gw SUSAH banget lock sinyal 3G, gatau dari provider gtau dari ROM, tapi yang pasti susah internetan kalau sinyal di E. Tapi kondisi ini bisa gw atasin dengan wi-fi rumah.. 
Terus untuk radio yang ga ada sudah bisa diakalin dengan Spirit FM buat settingannya, coba setting seperti ini:
Band : World 100KHz, Audio Method : qdsp5v2
Intinya mainin aja di Band-nya kalau suaranya masi ga jelas.. Kadang ada yang ke 200KHz, kadang ada yg 50KHz..
Ya paling annoyance yang tadi, tapi no problem sih..

Kesimpulan
Buat pemakai Wonder sehari2 (office, chat, socmed) menurut gue sepertinya pas banget sih ini rom untuk dipakai. Untuk gaming gue belom nyoba karena sama skali ga punya game



CM10 FEATURES

Gue jamin bagi yang belom pernah pegang HH JB atau menggunakan fitur2 CM akan sedikit kebingungan dengan fitur dan settings pada ROM ini, so, gue mau coba bahas beberapa yang perlu diketahu pada ROM ini.

Q: Cara Screenshot gimana?
A: Gampang banget, cukup ke settings - bagian Interface cari System - Power Menu - Centang bagian Screenshot


Q: Di screenshot lo bagian notification, muncul widget ada banyak (wi-fi, bluetooth, dll) kok di gue ga ada, cuma sedikit?

A: Gampang juga, cukup ke settings - bagian interface cari System - Notification Drawer - Widget Buttons - Silahkan centang yang ingin ditampilan di bagian notification widget..
Widget buttons order boleh digunakan kok, barangkali mau diatus urutan widget-nya



Q: Kok baterainya jelek? Cuma angka/lingkaran/gambar batre?
A: Sama, di settings - bagian interface - system - status bar - battery status style tinggal pilih mau gimana


Q: Cara aktifin smartkeyboard gimana?
A: Ke settings - Language & Input - Ceklis dulu Smartkeyboard nya - Lalu pada bagian Default, ganti ke smart keyboard.


Q: Developer Options buat apa?
A: Untuk awam, cukup di ON lalu pilih Android Debugging, USB debugging notify (biar kedetek komputer buat jadi storage). Pilihan lainnya silahkan dicoba tapi resiko ditanggung sendiri


Q: Performance gunanya apa?
A: Untuk set kecepatan processor (DWYOR), dan beberapa setting untuk orang yang ngerti. (Advanced ya.. jangan dicoba2 kalau ga ngerti)

Q: Shot Camera pake tombol power gimana cara?
A: Masuk ke aplikasi camera - settings - Tombol di kiri 3 kotak dipencet - Power Shutter set ke ON

(sorry burem, pake kamera BB)

Q: Untuk jumlah app drawer di home screen gimana cara nguranginnya?
A: Ke Settings - Launcher - Homescreen - Homescreens - set aja ke berapa.

Q : Cara swap memory disini gimana gan? sama ga?
A : Beda. Cara swap di CM10 kaya gini:
pake aplikasi rootex 
buka buildprop di /system/ 
ganti persist.sys.vold.switchexternal=0 
jadi persist.sys.vold.switchexternal=1

Well, untuk sisanya silahkan oprek-oprek lagi, dan mungkin ada beberapa aplikasi ketika diinstall ada peringatan kalau itu Custom Rom (ex. Whatsapp), abaikan saja, bilang oke aja.

Silahkan dinikmati, enjoy it dan maaf kalau ada kesalahan2 kata/step...

126 comments:

  1. gabisa di donloat gan yg lokalnya...muter2 capatcha mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @muhamad
      yg mananya gan? ini saya masi bisa semua..
      salah kali gan captcha nya..

      Delete
  2. gan aku dah selesai instalasi
    tapi kok setelah direstart lama banget ya masuknya
    cuma tulisan cyanogenMod terus
    dah hampir 1 jam

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wiwik
      coba full wipe lg terus install lg cm10 + gapps nya...

      Delete
    2. kalau full wipe tu perlu instal kernel, dll g gan?
      apa cuma perlu melakukan yang 4 langkah

      Delete
    3. @gan Vander
      sarannya sudah saya coba, ini sudah berjalan 4 menit lebih
      semoga saja berhasil

      Delete
    4. @wiwik
      kernel buat apaan??
      wipe full atau kalau bisa sih prestine...

      Delete
  3. gan ane dah instal, jalan dgn sukses, yg jd masalah hh sering mati sendiri klo lgi di pake. pdhal batre msh banyak, mslhnya apa ya gan trus gmn solusinya gan? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @indra
      sering matinya gmn tu?? masalahnya gada di problem gw/bug di xda.. ada kemungkinan step instalasi yg kelewat...

      Delete
    2. kalo abis instal sm ubah setingan tiba2 hh mati, tp udah ane wipe dlvik sm bttr stats, stlah itu gak mati lgi hh, mungkin krena penyesuain os bru kali hhehe... oh iya gan nanya satu lgi, kalo tombol back kurang responsif(mesti ditekan berulang-ulang bru mau) itu knapa ya gan?

      Delete
    3. @indra
      itu kurang responsif atau ngelag gan??
      soalnya di ane normal

      ada beberapa kasus:
      1. pake anti gores yg ketebelan
      2. Lg lemot
      3. Memang kerusakan hardware..

      Delete
    4. kayaknya poin 3 gan emang kurang responsif, ane pake os baru ini udah gak ngelag lgi hh ane, tp krng responsifnya kadang2 aja gan msh banyak lancarnya hhehe.. mksh infonya gan :)

      Delete
  4. gan kenapa galw ane gak mau download app dari play store ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rahmat
      coba baca lagi de.. itu gapps uda diinstall apa belom

      Delete
    2. udah gan
      kemarin sempet bisa eh besoknya udah gak bisa lagi
      error 403

      Delete
    3. ternyata bisa gan tapi download harus pake wifi
      kalo pake paket data error terus

      Delete
    4. Coba nih Gan...

      Setting -> More... -> Mobile Network -> Access Point Names -> *pilih operator internet -> Proxy -> *clear/delete, Ok -> tombol menu -> Save.

      Abis itu coba donlot lagi dari playstore Gan...

      Klo berhasil, settingan ini juga mengatasi problem yang masalah muter2 di captcha... Klo takut kenapa2, di catet aj dulu tuh Proxy-nya sebelum di clear/delete... CMIIW

      Delete
    5. berhasil gan...
      maksih ya,,,

      Delete
  5. Mas bro, pas mau donlot Gapps nya dr mediafire muncul ginian "File Download Blocked
    The file you attempted to download has been previously claimed by a copyright holder through a valid DMCA request and cannot be downloaded." trus kl dr yg satunya yg kedonlot malah gapps-jb-20121011-signed.zip.md5 , salah kali ya donlotnya. help nih mas bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @udinmu
      lah.. bener kok itu file-nya yg musti didonlod...

      Delete
    2. ada ekstensi .MD5 nya mas bro, akhirnya gugling aja n nemu di 4shared kayanya. udah ane donlot gan.
      oia, klo pake ROM ini perlu swap ga mas bro ? makasih..

      Delete
    3. @udinmu
      hapus aja padahal .md5-nya..
      ga perlu kok.. gimana kebutuhan kl swap

      Delete
  6. Udah ad yg cba setting performance ga.?? Yg zram gan.?? Ane mw coba tp blm ad yg review..jdi rada takut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @vander
      Wahhh x agan udh coba...
      Soalnya mw coba tkt brick.. cz hp ane fh 2x hard btick gra2 swap memory.. tp dgr2 zram itu kn beda ma swap memory..mkanya sne mw cba.. klo udh cba info y gan.. thx..

      Delete
  7. thank you bangget masbroooo :D semoa lantjaarrr jayaa
    serasa punya hp baru :D

    ReplyDelete
  8. Ane sudah instal gan. Keluhan ane bukan di per-kamera-an atau baterenya gan. Internet ane jadi super lemot. Sekedar googling aja lamaaa banget. Apalagi download. 1 Mb bisa 10 menit baru selesai. Ane cobain segala browser yang ane punya. Ane pake paket data gan. Pake Wifi sih no problemo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @rhiea
      yup.. betul skali.. inetnya memang lemot.. mungkin karena rom luar jadi jaringannya agak sedikit bijimana gt... gatau ada settingan khusus.. makanya ane sih d rumah pakai wifi... kalau d luaran yg dapet H atau 3G ga masalah kok..

      Delete
  9. gan, aq ud instal semua,kasusnya sama seperti mbak wiwik di atas, sarannya jg ud di coba 10x lebih tapi tetep ga bisa gan. ada cara lain ga? selain full wipe terus di instal cm10 sm gapps nya?
    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @echa
      pernah denger prestine??
      kalau pernah, seharusnya ga masalah kok waktu instalasi..
      kalau ga pernah coba ke xda dan cari apa itu prestine..

      Delete
  10. Gan vander. Sy bingung nih bedanya full wipe yg disini sama pristine yg di xda : http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2044861 . bs tolong diksih pencerahan. 22 nya pake cmw kan ya? thanks gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @udin
      kalau bisa prestine ya mending itu... tapi harus dilakukan secara benar dan teliti... itu data dijamin ilang smua soalnya

      Delete
  11. Gan. Ane ikutin step2 Nya. Instalasi mulus n berhasil. Thanks gan...

    ReplyDelete
  12. gan gimana caranya setting ip static nya ya,,ane ga nemu,,mohon pencerahannya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @collin
      yang nanya di kaskus kan ya? uda dijawab disana tuh..

      Delete
  13. bro, sy sudah selesai install tp aku mau swap sd card buat gal w nya, yg sy tanyakan apakah cara swapnya sama dengan yang ini http://www.lilololi.com/2012/10/swapping-memory-galaxy-w-mengakali-sd.html? ato udah beda cerita lagi kalo udah dioprek sana sini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @zack
      beda beroh...
      caranya begini:

      pake rootex
      buka buildprop di /system/
      ganti
      persist.sys.vold.switchexternal=0
      jadi
      persist.sys.vold.switchexternal=1

      Delete
    2. sip lah, tp jg harus diformat pake FAT32 kan?

      Delete
  14. gan, bisa support CJK (chinese character) ga? thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. @andy
      berhubung ane pake smartkeyboard ya bisa la..

      Delete
  15. gan klo ane gak bisa auto rotate dia, uda di conteng2 gak bisa jga, itu knapa ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @idraki
      ada kemungkinan memang rusak atau ga salah install.. gapps uda bener?

      Delete
    2. @idraki
      oya, auto rotate home memang ga bisa ya... menu paling.. kalau home memang ga bisa.. kaya TWLauncher aja..

      Delete
  16. gan kalo abis itu memorynya di swap bisa ngak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hafid
      bisa tapi caranya begini:
      pake rootex
      buka buildprop di /system/
      ganti
      persist.sys.vold.switchexternal=0
      jadi
      persist.sys.vold.switchexternal=1

      Delete
    2. mas bro, saya nyobain, trus saya restart kok galW saya ga mau nyala ya ? (klo komputer ga mau start up gitu) ? mohon pencerahan nya? apa perlu di flash ulang, klo iya prosesnya mulai dari mana ? makasih..

      Delete
  17. thanx gan,,,semua Lancar jaya .... hehehe

    ReplyDelete
  18. makasih gan.. working... terus gini gan
    1. Kamera saya yang panorama kok ngak bisa ya
    2. kalo tak buat main game NOVA kok muncul pesan "unfortunately nova has stopet working"
    Ada solusi ngak. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hafid
      1. bukan ga bisa.. annoying mungkin? jadi flickr?? karena di ane bisa.. cuman ya flickering...
      2. Memang bukan untuk gaming kayanya ini ROM... cobain touchwi5 aja bro..

      Delete
  19. touchwi5 itu apa mas bro... thank... trimakasih banget agan ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @hafid
      itu cusrom juga... basicnya cm10.1 kok... gw mungkin coba minggu depan... lg sibuk...

      Delete
  20. Gan thanks tutorialnya. Tp yg mau gw tanyain kok akses datanya gak bisa ya? Jadi online cuma bisa via wifi aja..ada solusi?

    ReplyDelete
  21. Gan.ane kok gak bisa setting power shutter ya?
    di camera setting gak keluar optionnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anugerah
      masa ga ada gan? uda sesuai skrinsut ane kan??
      pake rom ini kan?

      Delete
    2. iya,ga ada gan,ane udah sesuai screenshot sama download rom yang ini.
      Di camera setting yang keluar cuman store location sama picture size.

      Delete
    3. @anugerah
      wadu.. maap gan... ane ga bisa bantu kl gt.. karena belom pernah begini...
      Coba reflash lg aja gan cm-nya.. gapps nya juga jgn lupa..

      Delete
  22. gan kalo ngembaliin swap memory biar kaya awal gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arief
      yg 0 jadi 1, yg 1 jadi 0.. selesai

      Delete
  23. Gan,, untuk network connection nya gimana? Soalnya ane ga bisa connect kalo pake network connection, bisa connect kalo pake wifi aja.. Mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mufirdaus
      set lagi apn-nya gan... sesuai provider agan...

      Delete
  24. klo pake baseband XXLMD yg udah di deodex aman gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arran
      ga ngaruh.. kan itu harus full wipe dulu sebelumnya... jadi yg deodex sampe yg laenya pasti balik lg ke awal...
      baseband pun nantinya berubah klo ga salah gan..

      Delete
  25. berarti gak perlu intsal XXLM8 lagi ya?
    btw, knp gak boleh backup pake titanium gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aran
      ga perlu sih harusnya.. ntar juga berubah...
      backup boleh.. restore ga boleh gan..
      soalnya suka ada system yang ga kompatibel dan akhirnya nanti nge-hang atau bootloop

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. kok punyaku disetelan bisa bahasa indonesia ya gan
    trus koneksi data internetnya juga otomatis
    padahal langkahnya sesuai tahapan
    1. full Wipe
    2. trus pasang ini I8150XXLM8_I8150OXXLC2_I8150XXLM8_HOME.tar.md5
    3. pasang cwm lagi dan seterusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @klasik
      kalau bisa ya sukur sih... mungkin memang masih ada Bahasa Indonesia di sisa ROM situ sebelumnya

      Delete
    2. cara jalanin debug untuk konek ke kompi gimana ya gan
      biar sd cardnya kebaca di kompi

      Delete
    3. @klasik
      debug ada di settings - applications
      gue lupa sih... uda ga pegang galW...
      pkoknya ada di settings kok..

      kalau utk kebaca di sd card, itu ada d android development.

      Delete
    4. iya udah tak centang debugnya gan
      tapi pas dicolokin pake kabel usb g konek ke kompi

      Delete
    5. @klasik
      hmm.. ane dulu cukup centang doang kok gan...
      coba ganti port/kabel.. dan jangan pake USB Hub ya..

      Delete
    6. udah bisa gan tadi pagi :D
      semaleman tak coba otak atik tapi lupa langkah apa aja
      btw bootlop itu kayak apa sih gan

      Delete
    7. @klasik
      boot = start system
      loop = mengulang

      mengulang start system secara terus menerus.. jadi si HH itu restart aja terus cuman sampai logo samsung ga lama restart lagi... gitu gan... cobain aja HH nya jadiin bootloop... hahahaha

      Delete
    8. tanya lagi donk gan kalo file jenis apk kok g bisa di share via bluetot ya ?

      Delete
    9. @klasik
      bisa kok.. ane lancar2 aja.. slama ga di atas beberapa MB..

      Delete
  28. Gan itu kenapa gak boleh restore via titanium backup

    ReplyDelete
    Replies
    1. @luthfi
      liat di atas... jawaban buat aran

      Delete
    2. oh ya paham gan ,, saya pernah ngalami juga di galaxy mini sewaktu restore app dan al hasil hang , dan bootloop seperti yang agan bilang..

      ok deh trims jawaban nya saya kira ada hal lain yang bikin fatal

      Delete
    3. @luthfi
      menurut ane sih bootloop uda fatal gan.. karena pertanda musti flashing.. hehe..
      Sama2 gan...

      Delete
  29. semua ok kecuali google play. gak bisa update maupun download app meskipun pakai wifi. padahal browsing bisa. udah instal gapps. apa harus instal picassa juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arran
      tapi google play-nya bisa dibuka?
      harusnya ga masalah.. coba di clear data dan cache...
      Kalau via data biasanya masalah di APN, kalau pake provider Three itu mesti dikosongin proxy-nya..
      tapi kalau pakai wifi masih juga ga bisa setelah clear, coba masuk recovery, lalu fix permission di CWM...

      Delete
    2. udah beres gan!! :D
      play store bawaan cm10 kan versinya 3.x.x, ane coba update ke versi 4.x.x dg cara wipe data playstore bawaan cm10 kemudian restore backupan play store dr rom XXLMD sebelumnya.
      btw, ternyata gak papa ko' backup dan restore dg titanium, asal yg restore bukan system app. ane coba restore app+data dan smp sekarang gak ada masalah. bahkan ane tadi juga nekat restore play store juga tapi cuma restore app saja, datanya gak direstore karena kmungkinan bakalan crash.
      matur tengkyu gan atas tutorialnya yg simpel dan gak pake mbulet \(^o^)/

      Delete
    3. @arran
      sip kl dah beres mah gan...
      memang ga masalah restore cuman beberapa app + game.. cuman biasanya kadang orang komplen game nya jadi ga jalan atau app crash atau force stop.. jadi cara amannya ga gue tulis bolehin restore.. daripada tar banyak yg ngeluh force close dsb gan.. pusing tar... hehe...
      sama2 gan..

      Delete
  30. gan ane coba pk rom DXML2, masalahnya gak bisa lock sinyal provider, udah dicoba beberapa kartu tp tetep gakbisa, itu knpa ya gan masalahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @haidar
      ganti lg aja ke xxlm8.. lebih stabil..

      Delete
    2. klo pk xxlm8 lemot inetnya gan, ane pk kartu klo inetan gak ada wifi d rmh, btw thanks infonya gan

      Delete
    3. gimana kalo basebandnya pake XXLM8 tapi pakai bagian CSCnya dari DXLM2?

      Delete
    4. @haidar
      bisa ikutin saran arran tuh...

      Delete
  31. gan ada link/file stock rom wonder bawaan pabrik? yg baseband versionnya I8150DXKL1
    mohon bantuannya gan
    tks

    ReplyDelete
  32. gan mau nanya nih bantuin solusinya..barusan aq pasang cm10 spt tutorial diatas. tp kok SDcard gak bisa kebaca ya? trs aq pasang frontchange sama edit di rootex abis itu restart kok muter2 cyanogenMod terus ampe berjam2. makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nie
      sd card ga kebaca di file explorer bawaan... jadi coba install file explorer lain seperti ASTRO di market...
      jangan pasang fontchange begituan gan... jadi suka eror...

      Delete
    2. makasih gan solusinya...

      Delete
    3. file xplorer bawaan cm10 bisa baca external sd card, tinggal dienable/ dicentang aja root access mode nya.

      Delete
    4. makasih.. oiya, ada yg tau caranya biar bisa baca font biar ga kotak2 gimana ya?

      Delete
    5. @arran
      ane baru tau bisa... (maklum.. dah ga pegang galW). Makasi infonya gan..

      @nie
      font kota2 berarti font-nya ga memadai... ganti font lg aja..
      atau maksudnya font kotak2 gmn?

      Delete
    6. @arran maksudnya dicentang root access mode nya itu harus di root dulu gan?

      Delete
  33. @vander: kadang klo dapet autoteks dari bb, font ga mau baca, munculnya kotak2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nie
      kalau itu sih ga bisa diapa2in lagi... kalau mau cari font BB...

      Delete
  34. om,.. di ane vidoe call gak bisa... reviw dong klo ada yg bisa... thansk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @aim
      bisa gan pake skype atau LINE...

      Delete
    2. bug-nya termasuk video call yg bawaan ilang om... :) thanks konfirm

      Delete
    3. @aim
      sama2 gan.. makasi tambahannya.. ane ga pernah pake sih..

      Delete
  35. wah baru nyoba dan Alhamdulillah berhasil dengan lancar... thanks banget :D

    btw mau nanya dong, buat bikin default hasil jepret kamera masuk ke external sd gimana ya? kok ngga nemu setting di bagian kamera :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @gabupuka
      hmmm.. seinget ane sih ada d setting camera gan...
      tp ane lupa sih.. uda ga megang ni hp..

      Delete
  36. File gapps.y ndag bisa di download gan

    ReplyDelete
  37. Kalo ane pake rom cmd 10.2 alpha di trit sg wonderers kaskus, langkah2nya tetep sama gan?

    ReplyDelete
  38. google play ane ga jalan gan, ada pop up com.playstore is stopped working. Kira2 kenapa tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa perlu flash yang BNLP sama cow kernel gan sebelum install pake cyanogenmod 10?
      soalnya ane ga flash bnlp, dari flash XXML8 langsung ke cm10 dan hasilnya google play ga bisa jalan

      udah ane coba flash ulang, tapi tetep ga mau jalan

      Delete
    2. gapps belum diinstall itu

      Delete
  39. Maaf gan mw numpang nanya klo ud pke CM 10.2 ini Gal w ane masih bisa dipake nelpon sama sms ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kevin
      ya bisa atu gan.. kalau ga bisa buat apa punya SMART phone..

      Delete
    2. Maap gan ane masih nubi hehehe...
      ngomong2 bwt flashing ke JB harus update kernel dlu ga gan?
      klo iya gimana caranya?

      Delete
    3. @kevin
      ga harus... ga usah malah..
      karena nubie jadi sering2 lah baca2 seluruh artikel Galaxy W dari awal.. jadinya ntar ga nanya2 lagi gan.. hehe.. silahkan dibaca2..

      Delete
    4. oke dah gan thx banget hehehehe:D

      Delete
    5. gan ane ud install smwanya tpi ko malah stuck di lambang cyanogen yg muter" trus yah?

      Delete
    6. @kevin
      dtunggu aja gan..

      Delete
  40. Anonymous25/3/14 21:36

    gan...kok punya ane jadi gk bisa ngelock jaringan 3G??...kenapa ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Lendo
      maksudnya ga nge lock? ga di 3G Only gitu?

      Delete