Pages

Thursday, August 1, 2013

Operating System War (OS War) Pada Handheld Saat Ini Part 3



Lalu gimana dengan mitos "Android untuk orang IT/seneng oprek HP, Iphone untuk orang kaya dan bisnis serta designer, BB untuk pedagang, WinPhone untuk orang yang mengerti Windows secara umum dan eksklusif dengan theme 'metro'-nya yang khas."

Jawabannya salah banget.

Tujuan gue bahas satu-satu OS di atas mungkin dianggap ga ada hubungannya sama mitos tersebut, tapi coba perhatiin baik-baik, kalau lo smart mungkin sadar maksud gue. Apa sih maksudnya?

Dalam membeli gadget, sesuaikanlah dengan kebutuhan. Kalau butuh gadget dengan harga terjangkau lo bisa pilih Android OS sebagai pilihan, tapi pastinya perhatiin juga kelebihan dan kekurangan dari setiap gadget (spesifikasinya) karena itu yang menentukan lo bakal nyesel atau bersyukur punya gadget tersebut.

Gue kasih kasus yang pernah dialami orang sekitar gue:

Temen gue baru aja beli Iphone setelah beralih dari Android, tapi cuman 1 bulan uda dijual. Ketika gue tanya kenapa, dia jawab "Susah banget konek ke PC, colokannya aja paling beda dari yang laen. Bingung gue sumpeh.."

Next, temen gue yang lain yang biasa pake HP item putih (monochrome) beli Android dengan harga 5juta. Cuman 1 bulan uda dijual. Ketika gue tanya kenapa, dia jawab "Gak biasa.. Main game ngelag... Buka aplikasi ngelag... Agak gimana jadinya.."

Next, temen gue seorang developer WinPhone baru beli WinPhone dengan harga 2 jutaan. Cuman 1 bulan uda ganti dengan yang lain tapi masih WinPhone juga yang lebih mahal. Gue tanya kenapa, jawabannya simpel, "Yang dulu jelek speknya, jadi gue ganti..."

Dari ketiga kasus di atas apa berarti WinPhone lebih baik? Salah! Tapi kesimpulan yang seharusnya lo dapetin adalah : ketika lo menguasai gadget tersebut, disitulah pilihan lo tepat! Ketika memilih gadget, bukan berarti Android harus dioprek/dimacemin/khusus orang teknik. Kalau lo uda nyaman dengan gadget tersebut untuk apa dioprek? Oprek hanya sekedar MISALNYA hp lo itu performa menurun karena mau beli Iphone tapi kemahalan. Gimana caranya supaya Android bisa sama kaya Iphone performa dan themenya? YA itu, baru oprek... Tapi kalau uda nyaman buat apa?

Hal ini sama aja buat OS lainnya... Ketika lo uda nyaman dengan iOS dengan sendirinya lo bakalan milih iOS juga (selama punya duit) tapi bukan berarti punya gadget iOS itu khusus orang bisnis/elegant, buat sebagian orang justru iOS lebih user-friendly. Gimana dengan WinPhone dan BB? Sama aja, ketika orang uda nyaman dengan OS tersebut ya tetep akhirnya balik lagi ke OS tersebut. Kecuali lo mau ikutin perkembangan jaman OS sehingga seperti gue ini. Dari Symbian - Android - BB, gue jelajahin (WinPhone belom sempet). Itulah sebabnya gue sering share oprekan Android. Terus kenapa Android dikenal dengan mitos oprek? Simpel aja, Android dibangun dari OS Linux, yang berarti Open Source. Itu yang bikin banyak orang men-develop OS ini dan membuat orang lain mencoba hasil developer orang-orang. Mungkin itu yang membuat orang berpikir Android buat yang sering oprek-oprek alias Opreker... Gue sendiri menjadi opreker Android karena 1 hal, mau beli iPhone tapi duit gue ga ada waktu dulu.. Jadi gimana caranya supaya HP gue saat itu bisa menyaingi kualitas iPhone? Ya dioprek...

So, kesimpulannya, setiap gadget ada kekurangan ada kelebihan, percuma membanding-bandingkan gadget OS yang satu dengan yang lainnya. Gue akuin dulu gue mengagungkan yang namanya Android. Tapi dipikir-pikir tetep aja sih, ada lebih ada kurangnya setiap OS. Bahkan menurut gue Android OS itu ga sempurna amat kok, masih ada beberapa kekurangan. Tapi inilah gue, cocoknya di Android, jadi ya gue pakai OS ini terus menerus. Ngeributin OS itu gada akhirnya. Mendingan serahin aja ke masing-masing.

Terakhir, buat yang pengen tau cocoknya OS apa/mau beli HP apa, berikut ini gue kasih sedikit tips:
  1. Tulis kebutuhan lo terhadap HP. Misalnya SMS, telepon, chatting, fb-an, twitteran, instagram.
  2. Kalau uda ditulis, mulai lirik budget. Berapa budget yang lo bisa sediain untuk memenuhi kebutuhan lo tersebut. Semisal 3juta.
  3. Masuk situs hp ternama seperti gsmarena, tabloidpulsa, situshp, dll. Masukan price range disana lalu cari HP idaman lo.
  4. Dari seluruh hasil, cari yang menurut lo paling menarik. Kalau gue uda pasti sih liat merk, semakin ternama ya semakin dilirik. Berikutnya liat model HP tersebut, doyan apa gak. Lalu lihat spesifikasi yang ditawarkan. Misalnya lo melihat Prosesor 1GB, RAM 1GB, memory internal 16GB dengan harga 3 juta pas, dan ada juga Prosesor 512MB, RAM 512MB, memory internal 2GB dengan harga 1,5jt. Kalau gue jadi lo sih milih yang 1,5 juta. Kenapa? Harganya murah dan itu udah sangat bisa memenuhi kebutuhan yang dicatat. Berbeda dengan misalnya lo pengen gaming, ya jelas mau gamau ambil yang 3juta, secara prosesornya lebih tinggi. Sama halnya lo seneng motret/narsis, ya beli yang kameranya berkualitas.
  5. Kalau lo bingung OS apa yang mau dibeli, ada beberapa pilihan : coba OS baru, atau tinggal di OS lama. mencoba OS baru berarti harus belajar lagi mengenal OS tersebut. Kalau gamau, ya mendingan tetep di OS lama. Jangan tergiur omongan orang : "Iphone aja.. lebih keren dan oke" tapi lo uda kebiasa Android OS, dan akhirnya jual Iphone hanya dalam 1 bulan karena ga cocok menu dan fiturnya. Lebih baik jajal OS yang memang lo sukai dan menurut lo itu mudah dipahami. Soal harga yang bersaing itu kembali ke diri sendiri.
  6. Terakhir, coba cari testimonial produk yang lo pilih, kalau testinya bagus, ya tunggu apalagi? Beli deh.. atau tunggu turun juga bisa... Tapi kalau buruk mending cari model laen... Tapi satu hal yang pasti, jangan menganut paham "Tar aja tunggu turun.." atau "Tar aja... ga lama model baru keluar" kalau ada paham kaya gitu menurut gue sih "Kapan belinya dong?" Tar harganya uda turun, keluar model baru yang lebih disenengin, alhasil nunggu lagi... Jadi intinya menunggu... Kalau kebingungan tanya aja di forum atau ke temen yang memang mengerti.
So, blog reader yang masi baca, jangan sekali-kali promosiin OS yang kalian pakai, jangan jadi salesman dadakan, dibayar aja enggak toh? Jadi jangan menyesatkan orang untuk beli produk tertentu yang kalian sendiri ga tau mendalam produk tersebut dan lainnya seperti apa... Gue aja kalau ditanya orang beli HP apa bisa macem-macem.. Mulai dari Android, IPhone, WinPhone, bahkan monochrome, dan rata-rata mereka puas dengan yang gue pilihin. Bukan bangga dan sombong, tapi jadilah orang yang "memang tau" daripada "sok tau".

Paling terakhir, be a Smart Buyer.

0 komentar:

Post a Comment