Pages

Monday, January 30, 2012

Resep Jamur Kriuk


Helo2.. selamat malam...
Kali ini gue mau nepatin omongan gue sebelumnya, yaitu resep jamur cripsy.
ga usah panjang lebar.. langsung aja:

Oya, sebelumnya gue ga pernah pake takaran dalam pembuatan jamur ini, jadi ga perlu pakai gram-gram-an lah yah, jadi kaya buku masakan nantinya... Intinya disini bermain dengan feeling Lu sendiri.

Pertama, siapkan bahan:
  1. Jamur tiram putih, potong batangnya, disisain dikit juga gpp.. karena yg paling enaknya tu cuman "daun"-nya aja... batangnya kurang. Disini gue pake kurang lebih 1 baskom.
  2. Bumbu royco + tepung Kobe atau tepung goreng lainnya (bisa pakai Sasa juga)
  3. 2 bh telur ayam, dikocok sampai rata
  4. Minyak, katel, kompor, spatula, saringan minyak (jika perlu aja)
Bahan dah siap... mari bikin jamurnya
  1. Kalau gue biasanya step pertama adalah cuci si jamur... maklum... beli di pasar... jadi takut kotor... Terus perlu diingat juga, jangan terlalu kering juga.. biarin aja agak2 basah gitu
  2. Ambil piring kosong, taruh tepung kobenya disana (isinya ya, bukan bungkusnya doang)
  3. Panaskan minyak, api sedang
  4. Mulai ambil satu per satu si jamur, masukan dulu ke kocokan telur, lalu guling-gulingkan di piring kosong yg berisi tepung (kalau perlu ulangi lagi 1 kali lg biar lebih kriuk)
  5. Masukan ke dalam katel yang sudah panas atau istilah kerennya adalah GORENG
  6. Kalau warnanya uda kuning kecoklatan ya diangkat.. kalo didiemin tar gosong.. cepet kok matengnya...
  7. Sambil nunggu mateng bisa juga lanjutin step 4-5 hingga jamurnya habis.
  8. Intinya ya sambil aduk2 di katel ya sambil bikin jamur berikutnya... uda mateng angkat ke saringan (minyaknya banyak soalnya)
  9. Step terakhir ane sih ini : royco sachet 1 bungkus dibuka, ditaburin di atas jamur, kocok2 pelan..
  10. SANTAP!
Oke deh.. segitu aja dulu hari ini.. ngantuk...
Btw, seperti biasa, ada kalimat terakhir:
Coba deh lu itung beli bahan buat bikin ni makanan sama beli jadi... Hayo murah mana?? jauh kaga murahnya? 0_0

2 comments:

  1. wah saya termasuk salah satu yang doyan banget
    sama gorengan jamur
    rasanay mirip kek ayam goreng gitu.

    ReplyDelete
  2. Yeap... sama gan... lumayan buat cemilan sambil bkin blog atau kerjaan.. hehehe...

    ReplyDelete